FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cepat Stres Bahkan Sampai Depresi, Lakukan Hal Ini Untuk Menghindarinya



 



SUBANG, TINTAHIJAU.com- Saat Anda mengalami peristiwa buruk yang dirasa mengganggu hati dan pikiran, ada beragam cara ampuh untuk mengembalikan suasana hati menjadi bahagia. Walaupun persoalan kecil, perubahan mood yang tidak terkontrol bisa menyebabkan depresi.

Dikutip dari Alodokter, berikut cara yang dapat dilakukan untuk membuat hati selalu bahagia:



Rutin Berolahraga

Dengan berolahraga secara rutin dapat membantu otak menghasilkan hormon endorfin, yang diketahui dapat meningkat suasana hati Anda.



Banyak orang yang setelah olahraga tidur nya lebih nyenyak, cenderung nafsu makan, stamina bertambah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga :

Waspada! Inilah 13 Bahaya Junk Food Untuk Kesehatan

Catat! Ini 4 Poin Penting Berasuransi Kesehatan

Benarkah Vaksin COVID-19 Bikin Buah Zakar Bengkak? Pakar Kesehatan Buka Suara


Mengonsumsi makanan tertentu

Makanan dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih bahagia, diantaranya:

- Oatmil mengandung indeks glikemik rendah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga mood menjadi lebih baik.
- Ikan mengandung omega-3 sehingga mampu memperbaiki kinerja otak untuk mengatasi gangguan mood dan depresi.
- Pisang mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood dan mengatasi depresi.
- Cokelat hitam mampu mengurangi kecemasan dan menurunkan produksi hormon stres.

Melakukan meditasi

Meditasi dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi stres dan rasa cemas. Ada berbagai jenis meditasi yang dapat Anda lakukan, seperti meditasi fokus dan meditasi mindfullness. Anda bisa melakukannya selama 10–20 menit setiap hari.

Mendengarkan musik

Musik dapat digunakan sebagai salah satu terapi relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat mendengarkan musik, stress dapat berkurang, turunnya tekanan darah, dan mood meningkat.

Tak sedikit yang menggunakan musik sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan emosional.

Tidur siang

Mengantuk saat melakukan pekerjaan yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab bad mood. Untuk mengatasinya, cobalah tidur siang selama beberapa saat. Tidur siang diketahui dapat memperbaiki mood, meningkatkan produktivitas, serta mengurangi kantuk saat bekerja.

Bermain dengan hewan peliharaan

Bila Anda memelihara hewan, Anda bisa bermain dengannya untuk memperbaiki suasana hati. Penelitian mengungkapkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, dapat melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang membuat Anda lebih tenang dan rileks.

Berinteraksi dengan orang lain

Mood booster yang satu ini cukup sederhana untuk dilakukan. Saat sedang bad mood, luangkan waktu untuk curhat dengan teman atau keluarga dekat Anda.

Mengkomunikasikan perasaan dan menjalin kontak sosial dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Selain beberapa hal di atas, Anda dapat melakukan cara lain untuk meningkatkan mood, seperti merapikan kamar tidur, jalan-jalan dengan teman atau keluarga, dan sebagainya.

Perlu diingat, hindari suasana hati yang buruk jika sampai mengganggu produktivitas sehari-hari. Coba untuk mempraktikkan deretan mood booster di atas dan mulailah hari Anda dengan berpikiran positif.

 



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Perhatian!, Masyarakat yang Hendak Bepergian Saat Libur Nataru Wajib Bawa SKM https://t.co/2n1vzqsvMx
Tak Perlu Risau Bunda, Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI https://t.co/9HuRIfJXdx
Ditengah Kebahagiaan Menyambut Kelahiran Buah Hati, Nagita Alami Engap Usai Persalinan https://t.co/GX7WCwWBkf
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter