FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

RPJMN Kemenkes RI 2021 - 2024, Enam Transformasi Ini Bakal Buat Perubahan ?



 



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, ditahun 2021 hingga tahun 2024 akan melakukan enam perubahan sistem kesehatan. Hal itu dilakukan Kemenkes untuk menjaga kesehatan masyarakat di Indonesia.

Perubahan Pertama yang dikakukan kemenkes yaitu, edukasi penduduk, dimana akan melakukan 7 kampanye utama meliputi imunisasi, gizi seimbang, olah raga, anti rokok, sanitasi dan kebersihan lingkungan, skrining penyakit, serta kepatuhan pengobatan.

“Selanjutnya ada pencegahan primer yakni penambahan imunisasi rutin menjadi 14 antigen dan perluasan di seluruh Indonesia,”kata Prastuti dalam webinar dan diskusi publik keadilan dalam pembiayaan kesehatan, Kamis, (21/10/2021). seperti ditulis dilaman kontan.

Baca Juga :
Pandemi Covid 19 Melandai Aturan PCR Diperketat, Ini Kritik Pedas DPRD RI



Selain itu terdapat pencegahan sekunder dengan melakukan skrining 14 penyakit penyebab kematian tertinggi di tiap sasaran usia, skrining stunting dan peningkatan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) untuk kesehatan ibu dan bayi. Selanjutnya, dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan primer yaitu pembangunan puskesmas di 171 kecamatan, penyediaan 40 obat esensional, dan pemenuhan SDM kesehatan primer.

Kedua, transformasi layanan rujukan dengan meningkatkan akses layanan sekunder dan tersier, yaitu dengan pembangunan rumah sakit di kawasan timur, jejaring pengampuan 6 layanan unggulan, dan kemitraan dengan world top health care conters.



Ketiga, melakukan transformasi sistem ketahanan kesehatan, dengan meningkatkan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan salah satunya dengan memproduksi 14 vaksin rutin dalam negeri, serta memperkuat ketahanan tanggap darurat.

Keempat, melakukan transformasi sistem pembiayaan kesehatan dengan 3 tujuan yang tersedia yaitu cukup, dan berkelanjutan, alokasi yang adil serta pemanfaatan yang efektif dan efisien. Kelima, transformasi SDM kesehatan dengan menempatkan kuota beasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

Keenam, transformasi teknologi kesehatan, dengan memanfaatkan teknologi, digitalisasi dan bioteknologi di sektor kesehatan.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

BNPB Sebut Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Terpenuhi https://t.co/ULwWVhLrgG
Prakiraan Cuaca Kabupaten Subang 7 Desember 2021 dari Pagi Sampai Malam https://t.co/fzMC2prkSP
Jadwal SIM Keliling di Kabupaten Subang pada 7 Desember 2021 https://t.co/yjHbuN4beU
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter