FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Begini Cara Atasi Kantuk Saat Bekerja di Siang Hari

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Rasa kantuk memang manusia, semua mahluk hidup membuuhkan waktu untuk istirahat, salah satunya dengan tidur, dan rasa kantuk adalah sinyal bahwa tubuh kita perlu isitirahat.

Namun demikian, rasa kantuk tak tertahankan bisa tiba-tiba datang di siang hari. Hal itu bisa membuat produktivitas menurun dan tidak fokus bekerja.

Rasa kantuk bisa terjadi karena berbagai hal, seperti suhu udara dan rasa bosan akibat terlalu lama bekerja di depan layar.

Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk. Melansir dari laman Healthline, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut.

1. Konsumsi Minuman Mengandung Kafein

Kafein mengandung stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas pada otak dan sistem saraf. Biasanya, kafein terdapat dalam kopi maupun teh.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein akan memberikan energi yang dapat melawan rasa kantuk sehingga kembali fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

Meski demikian, konsumsi kafein tidak boleh berlebih. Pasalnya, terlalu banyak kafein juga dapat menimbulkan rasa gelisah yang ikut memengaruhi produktivitas.

2. Tidur Sejenak

Terkadang rasa kantuk tersebut benar-benar sulit untuk dihindari meskipun telah melakukan berbagai hal. Jika mengalami seperti ini, coba untuk tidur sekitar 15-30 menit. Tidur dalam waktu singkat dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

Walaupun tidur yang dilakukan tidak lama, hal tersebut tetap akan membuat mata beristirahat sejenak. Dengan begitu, mata akan menjadi lebih segar dari sebelumnya.

3. Coba Jalan-jalan Kecil

Menatap layar terlalu lama akan membuat mata menjadi lelah sehingga timbul rasa kantuk tak tertahankan.

Untuk mengatasinya, coba bangkit dan berjalan-jalan ringan sebentar. Hal tersebut akan membuat darah mengalir ke seluruh tubuh sehingga rasa kantuk menghilang.

4. Dengarkan Lagu Up Beat



Mendengarkan musik sebenarnya bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk. Apalagi jika musik yang diputar yaitu lagu ballad.

Namun, dengan mendengar musik up beat dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Semakin kencang musik yang masuk ke telinga, akan membuat rasa kantuk menjadi hilang.

5. Makan Camilan

Makan camilan rupanya membuat tubuh tetap aktif melakukan sesuatu. Hal tersebut dapat membuat rasa kantuk yang muncul teralihkan. Namun, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan.

Hal ini karena terdapat beberapa makanan yang mengandung gula sehingga muncul rasa kantuk seperti camilan manis, soda, atau yang mengandung karbohidrat.