FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Perhatikan, Ini 11 Ciri-ciri Pria Mandul Menurut Kedokteran

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Satu dari sepuluh pasangan subur di Indonesia mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas. Wanita kerap dianggap sebagai penyebab masalah pada pasangan yang sulit hamil. Padahal, gangguan kesuburan pada pria juga menyumbang proporsi yang kurang lebih sama, yaitu sekitar 33 persen dari seluruh kasus.

Salah satu penyebab pria mandul adalah gangguan pembentukan sperma. Gangguan ini dapat berupa sperma tidak tumbuh dengan utuh, tumbuh dengan bentuk yang tidak sempurna, tidak bergerak ke arah yang benar, tidak memiliki jumlah yang cukup, atau malah tidak terbentuk sama sekali.

Masalah sperma ini dapat dibawa dari lahir atau disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok, minum minuman beralkohol, atau mengonsumsi obat-obatan terlarang. Dari sisi masalah kesehatan, masalah sperma dapat disebabkan oleh gagal ginjal, infeksi masa kecil seperti gondongan, dan masalah kromosom atau hormon.

Tanda-tanda mandul harus diketahui sejak dini, termasuk pada laki-laki. Berikut adalah ciri-ciri pria mandul yang dikutip dari klikdokter.com:

1. Nyeri, Bengkak, atau Ada Benjolan di Area Testis

Bila Kamu merasakan nyeri dan bengkak bahkan benjolan di sekitar area testis, kemungkinan Kamu mengalami varises pada organ kemaluan yang disebut varicocele.

Varicocele adalah pembengkakan pembuluh darah vena pada skrotum yang mengganggu aliran darah dan pertumbuhan sperma. Hal ini dapat diatasi dengan jalan operasi. Namun, Kamu harus berhati-hati karena varicocele dapat menjadi tanda Kamu terinfeksi penyakit lain.

2. Jumlah Testis Berkurang
Umumnya pria memiliki dua buah testis. Namun, ada kemungkinan juga testis yang dimiliki hanya satu.

Testis memegang peranan penting dalam kesuburan pria karena merupakan lokasi pembentukan sel sperma. Pengurangan jumlah testis dapat menjadi ciri pria mandul.