FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Dinkes Subang Mencatat Ada 137 Penderita Thalasemia



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Dinas Kesehatan Subang mencatat ada 137 warga Subang yang menderita Thalasemia. Merekaa tersebar di 31 Puskesmas di Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Kesehatan dr Maxi didmapingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes dr Noni mengatakan, hingga saat ini terdapat 137 warga penderita thalesmia.

Dari jumlah tersebut, terdapat 71 orang yang statusnyaa berada di ring satu dari penderita mayor yang belum menikah. Sebnayak 71 orang itu saat ini dalama penangann pihak Dinkes untuk dilakukan skrining atau deteksi dini. "Mereka akan dilakukan skrining di 4 Puskesmas, insya Allah rencnanya pada September nanti," kata dr Maxi
 
Dari hasil deteksi dini thalasemia ini, jika ditemukan indiksi mengarah, akan dilakukna pembuatan sediaan hapus darah tepi untuk dikirim ke RSHS untuk memastikan positif thalesmia atau tidak



BERITA LAINNYA
Mengenal Thalasemia, Penyebab, Gejala dan Pencegahan Thalasemia
Catat! Ini 6 Tips Mencegah Penyakit di Musim Pancaroba
Wasapada! Ini 4 Penyakit yang Datang di Musim Pancaroba dan Cara Mencegahnya



"Tentu saja, jika hasilnya positif thaesmia, kita akan lakukan pemantauan terhadap kondisi penderita, kita akan lakukan penanaganan secara maksimal, yang semuanya gratis atau dibiayai oleh pemerintah," imbuhnya

Sekedar informasi Thalasemia adalah kelainan darah karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Thalasemia terjadi akibat kelainan genetik yang diturunkan. Artinya, kondisi ini sudah bisa terjadi sejak masa kanak-kanak. Umumnya, gejala awal yang akan muncul adalah gejala anemia, yang menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas.

Thalasemia perlu diwaspadai, terutama yang berat, karena dapat menyebabkan komplikasi berupa gagal jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan hati, hingga kematian.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.