FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mengenal Thalasemia, Penyebab, Gejala dan Pencegahan Thalasemia

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Thalasemia adalah kelainan darah karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Thalasemia terjadi akibat kelainan genetik yang diturunkan. Artinya, kondisi ini sudah bisa terjadi sejak masa kanak-kanak. Umumnya, gejala awal yang akan muncul adalah gejala anemia, yang menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas.

Thalasemia perlu diwaspadai, terutama yang berat, karena dapat menyebabkan komplikasi berupa gagal jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan hati, hingga kematian.

Penyebab dan Gejala Thalasemia

Thalasemia disebabkan oleh kelainan genetik yang memengaruhi produksi sel darah merah. Kelainan genetik ini diturunkan dari orang tua meski orang tua tersebut tidak mengalami gejala.



 

BERITA LAINNYA
Dinkes Subang Mencatat Ada 137 Penderita Thalasemia
Tiga Gejala Stroke Ini Kerap Tidak Disadari Penderitanya, Ketahui Tanda-tandanya Berikut Ini
Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Harus Minum Obat

 


Penderita thalasemia akan mengalami anemia yang membuat penderitanya mudah lelah dan lemas. Gejala ini biasanya muncul pada 2 tahun pertama kehidupan. Akan tetapi, bagi penderita thalasemia ringan (minor), anemia mungkin tidak terjadi.



Waktu kemunculan dan tingkat keparahan gejala yang dialami penderita tergantung pada jenis thalasemia yang diderita. Pada thalasemia mayor, penderitanya akan merasakan gejala kurang darah yang berat. Kondisi ini dapat merusak organ tubuh, bahkan berujung pada kematian.

 



Pengobatan dan Pencegahan Thalasemia