FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Punya Perut Buncit? 6 Olahraga Ini Bisa Kecilkan Perut

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Kebanyakan orang merasa enggan untuk memiliki perut yang buncit, dan untungnya ada beberapa jenis olahraga yang bisa mengecilkan perut, bahkan beberapa diantaranya bisa dilakukan tanpa membutuhkan alat.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, tentu mereka yang memiliki perut buncit bisa mengecilkan perutnya sehingga dirinya akan kembali percaya diri.

Menyingkirkan lemak membandel di daerah perut memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Seseorang harus melakukan latihan tertentu dan menjaga asupan makanannya agar lemak di perut dapat berkurang dengan lebih cepat.

Dikutip dari Stylecraze, terdapat banyak jenis latihan yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang sedang berambisi untuk mengikis lemak perut mereka. Bahkan, beberapa di antaranya dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah.



BACA JUGA:
Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Harus Minum Obat

Jenis Olahraga Mengecilkan Perut di Rumah

Berikut beberapa jenis olahraga mengecilkan perut tanpa alat yang bisa dicoba:

1. Lying Leg Raises

Target dari latihan tersebut adalah perut bagian bawah, perut bagian atas, glutes, paha belakang, dan paha depan. Seseorang bisa melakukan latihan ini hanya bermodalkan alas, seperti tikar atau matras.

Pertama, seseorang perlu berbaring di atas alas. Kemudian, letakkan ibu jari di bawah pinggul dan telapak tangan rata di atas lantai. Setelah itu, angkat kaki sedikit dari lantai, lihat ke langit-langit, dan libatkan otot core agar kuat.

Setelah itu, angkat kedua kaki hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat dan perlahan turunkan kembali. Tepat sebelum menyentuh lantai, angkat kaki lagi ke posisi sebelumnya. Lakukan hal itu sebanyak 3 set 15 repetisi.

2. Plank

Target dari latihan ini adalah rectus abdominis, otot core, bahu, bisep, hingga glutes. Karena banyaknya otot yang terlibat, plank menjadi salah satu latihan paling efektif untuk mengecilkan perut.

Pertama-tama ambil posisi berlutut di atas matras. Setelah itu, letakkan kedua siku sejajar dengan bahu di atas matras. Kemudian, rentangkan kaki kanan ke belakang, lalu diikuti kaki kiri.

Penting untuk menjaga leher, punggung, dan pinggul pada garis yang sama. Jaga juga agar otot core tetap terlibat. Tahan posisi ini setidaknya selama 30 detik. Lakukan 3 set dengan durasi 30-60 detik.

BACA JUGA:
Mengenal Thalasemia, Penyebab, Gejala dan Pencegahan Thalasemia

3. Mountain Climbers

Target otot pada latihan ini adalah rectus abdominis, bahu, core, glutes, paha belakang, dan paha depan. Latihan ini adalah salah satu latihan yang cukup dinamis, sehingga dipercaya dapat mengikis lemak lebih banyak.

Pertama, ambil posisi push-up dan pastikan posisi siku berada tepat di bawah bahu dan sejajar. Jaga leher, punggung, dan pinggul dalam garis lurus, tidak mengangkat ke atas atau melengkung ke bawah.

Angkat kaki kanan dari lantai, kemudian tekuk lutut dan dekatkan ke sisi kanan dada. Tempatkan kaki kanan kembali ke posisi awal. Sekarang, angkat kaki kiri dari lantai, kemudian tekuk lutut Anda dan dekatkan ke sisi kiri dada.

Percepat dan lakukan seolah-olah sedang berlari. Lakukan 2 set 25 repetisi dan beristirahatlah selama 20 detik sebelum melakukan latihan berikutnya.

baca selanjutnya di halaman berikutnya