FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas! 5 Makanan yang Biasa Dikonsumsi Sehari-hari ini Ternyata Mengandung Racun

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Kita mungkin tidak menyadari bahwa dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari itu ternyata mengandung racun, agar kita terhindar dari bahaya tersebut, kenali makanan apa saja yang mendandung racun.

Belum banyak orang tahu kalau beberapa makanan yang sering kita makan sebenarnya berbahaya. Makanan itu mengandung senyawa beracun yang bisa membahayakan tubuh.

Karenanya mengolah makanan tersebut tidak boleh sembarangan dan harus tepat. Jika tidak, bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

eskipun kasus keracunan karena makanan ini tidak banyak terjadi, namun kamu perlu mengetahuinya untuk waspada. Merangkum listverse.com (06/01/2019), berikut 5 makanan sehari-hari yang sebenarnya beracun:

1. Jamur

Jamur menjadi bahan makanan yang digemari. Ada banyak sekali olahan makanan yang dibuat dari jamur.

Jamur pun enak ditumis dengan bumbu, dibuat menjadi sup, ataupun menjadi pelengkap topping pada makanan.

Faktanya, jamur ternyata berbahaya untuk dicerna. Ada beberapa jenis jamur yang justru beracun dan sangat berbahaya.

Melansir cybex.pertanian.go.id (19/05), kamu bisa mengenali jenis jamur beracun yang memiliki kulit permukaan licin, dengan cawan melingkar pada batang jamur di bawah bulatan payung dan warna yang mencolok.

Sementara jamur yang aman untuk dimakan antara lain jamur tiram, jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, hingga jamur shitake.

2. Tomat

Tomat dikenal sebagai makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin. Tomat biasa diolah menjadi makanan, saus, campuran sambal, bahkan tomat juga sering dimakan mentah.

Tetapi tak semua bagian pada tomat bisa dimakan. Ini karena tomat memiliki bagian yang beracun dan berbahaya jika tertelan.

Letaknya ada pada daun, akar, dan batang yang mengandung bahan kimia disebut glycoalkaloid. Senyawa tersebut jika termakan bisa menyebabkan efek kegelisahan dan gangguan perut yang ekstrem.

Karenanya sebelum memasak tomat, pastikan untuk membuang bagian-bagian berbahaya tersebut.



baca selanjutnya di halaman berikutnya