FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Terkena Masuk Angin? Minumlah Ramuan Ini




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Perubahan cuaca yang terjadi belakangan ini menyebabkan daya tahan tubuh sedkit menurun, tak jarang kita mengalami batuk, demam karena masuk angin.

Masuk angin sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari penyakit seperti perut kembung, nyeri otot, terkadang disertai pusing dan muntah-muntah atau buang air besar, badan menggigil, sering bersendawa dan sering buang angin.

Kendati penyakit tersebut sering menyerang sejumlah orang, namun secara medis, masuk angin sebetulnya tidak memiliki kaitan dengan angin dan hujan. Namun, kurangnya paparan sinar matahari saat musim hujan memang dapat menurunkan produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sendiri berperan cukup besar dalam menjaga imunitas.



BACA JUGA:
Tidak Perlu Dibunuh, Ini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Untuk tetap menjaga daya tahan tubuh, Anda dapat mencoba ramuan yang diberikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes). Ramuan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia (FROTI).

Berikut dua ramuan obat tradisional untuk menangkal atau mengobati masuk angin.

1. Jahe

Rempah yang kerap digunakan sebagai penyedap makanan dan obat tradisional ini dinilai ampuh meredakan masuk angin. Untuk membuat ramuannya, Anda cukup menyiapkan rimpang jahe yang segar. Berikut cara pembuatannya.

- Siapkan 10 gram rimpang jahe
- Bakar rimpang jahe sampai harum
- Setelah dibakar,keprek rimpang tersebut
- Seduh dengan 1 cangkir air mendidih
- Tambahkan gula jawa secukupnya
- Tunggu sampai hangat, sajikan

Anda dapat membuat ramuan ini sebanyak satu kali sehari setelah makan. Mengonsumsi ramuan ini saat perut kosong dapat menimbulkan tukak lambung. Ramuan ini juga dilarang untuk penderita batu empedu atau pendarahan. Meski ampuh, ramuan ini dapat menyebabkan nyeri perut atau rasa tidak nyaman di ulu hati bagi sebagian orang.

BACA JUGA:
Ada Banyak Manfaat Jika Anda Minum Air Jahe Setiap Hari

2. Lempuyang Wangi

Rempah cantik berkhasiat yang juga dikenal dengan sebutan puyang ini dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, bumbu masak, hingga tanaman hias. Untuk mengatasi masuk angin, Anda cukup menyiapkan rimpang puyang segar seukuran ibu jari. Berikut cara membuat ramuan tersebut:

- Siapkan 1 ibu jari rimpang lempuyang wangi, keprek
- Rebus dengan dua gelas air, tunggu hingga air menyusut menjadi satu gelas air
- Bagi menjadi dua gelas, sajikan

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda dapat mengonsumsi ramuan ini 2 kali sehari. Alhasil, ramuan yang tadi sudah dibuat dapat digunakan untuk konsumsi satu hari. Namun, FROTI tidak menyebutkan efek samping ramuan ini.

Sumber: detikcom

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.