FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas! Keseringan Makan Seblak dan Mi Instan Bisa Jadi Pemicu Tumor Payudara, Benarkah?




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Viral di media sosial seorang wanita asal Palembang bernama Nanda (22) telah membagikan pengalamannya mengidap tumor payudara yang dideritanya.

Pemicunya ialah lantaran dirinya memiliki pola makan yang tidak teratur. Ia sering mengkonsumsi junkfood hampir setiap hari.

"Aku sering mengonsumsi makanan kaya junkfood, seblak, bakso, mie instan, terutama yang banyak mengandung MSG, frekuensinya ya bisa dibilang hampir setiap hari suka makan kaya gitu," ujar Nanda pada detikcom, Selasa (13/9/2022).

"Setelah tau ada benjolan, langsung tanya hal itu ke teman, kebetulan ada teman yang punya gejala yang sama dan sudah dioperasi, nama penyakit itu adalah tumor jinak di payudara atau fibroadenoma mammae (FAM)," sambungnya.



BACA JUGA:
Menilik Arti Nama Bjorka, Peretas yang Baru-baru Ini Gegerkan Publik Indonesia

Dikutip dari Mayo Clinic, fibroadenoma atau fibroadenoma mammae (FAM) adalah jenis tumor jinak yang terbentuk di payudara. Fibroadenoma ditandai dengan benjolan kecil di salah satu atau kedua payudara, yang teraba padat dan mudah digerakkan.

Fibroadenoma merupakan salah satu jenis tumor jinak payudara yang paling sering dialami oleh wanita usia 15-35 tahun. Tumor ini berukuran kecil dengan tekstur yang padat dan mudah digerakkan. Adapun gejalanya, seperti:

- Tidak terasa sakit
- Terasa kenyal dan padat
- Berbentuk bundar dengan tepi benjolan yang mudah dirasakan (batasnya terasa tegas)
- Mudah digerakkan

Meski umumnya tidak terasa sakit, benjolan fibroadenoma juga bisa terasa nyeri jika pengidap memasuki masa menstruasi. Benjolan juga bisa membesar saat penderita sedang hamil atau menyusui dan mengecil setelah memasuki usia menopause.

Sumber: detikHealth

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.