FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Inilah 6 Kebiasaan yang Dapat Membuat Umur Lebih Panjang



 Sebuah studi terbaru dari Studi Centenarian New England menunjukkan gen merupakan pelindung yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap umur panjang.

Seperti dikutip dari laman Harvard Health Publishing, Rabu (14/4/2022), peneliti ini menganalisa dan menguraikan seluruh kode genetik seorang pria dan seorang wanita yang hidup melewati usia 114 tahun.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gen yang terkait dengan umur panjang dapat mengimbangi gen yang terkait dengan penyakit. Hal ini kemudian memungkinkan mereka dapat hidup dengan umur panjang.

Namun tak hanya gen, ada beberapa kebiasaan yang juga dapat membantu seseorang hidup lebih lama. Sebagaimana dirangkum dari laman Healthline, kebiasaan tersebut di antaranya:

1. Hindari Makan Berlebihan
Asupan kalori rendah memungkinkan seseorang mendapatkan penyakit yang lebih rendah. Pembatasan kalori dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak perut yang keduanya dapat menyebabkan rentang hidup yang lebih pendek.

2. Makan Lebih Banyak Kacang
Kacang-kacangan adalah sumber yang bagus dari beberapa vitamin dan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, folat, niasin, dan vitamin B6 dan E. Mengonsumsi makanan ini dapat memberikan kesehatan yang baik untuk tubuh.

3. Mengonsumsi Kunyit
Kunyit mengandung senyawa bioaktif ampuh yang disebut kurkumin. Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya dianggap membantu menjaga fungsi otak, jantung, dan paru-paru, serta melindungi terhadap kanker dan penyakit terkait usia.

4. Makanan Nabati
Mengkonsumsi berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang- kacangan dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan umur panjang.

5. Rutin Olahraga
Sedikitnya 15 menit olahraga per hari dapat menambah hidup 3 tahun lebih lama. Selain itu, olahraga juga menurunkan risiko kematian dini sebesar 4 persen.

6. Berhenti Merokok
Orang yang merokok kehilangan 10 tahun kehidupannya dan 3 kali lebih mungkin meninggal sebelum waktunya dibandingkan yang tidak pernah merokok. Satu studi melaporkan, individu yang berhenti merokok pada usia 35 dapat memperpanjang hidup 8,5 tahun.



 

Sumber: PMJNews

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.