FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pemerintahan

  1. Eksekutif
  2. Legislatif
  3. Politik
  4. Pendidikan

Megapolitan

  1. Peristiwa
  2. Ekbis
  3. Ragam
  4. Hukrim

Rekreasi

  1. Kuliner
  2. Wisata
  3. Hotel
  4. Tips

Milenial

  1. Ototekno
  2. Kesehatan
  3. Keluarga
  4. Hijrah

Entertainment

  1. Selebriti
  2. Fashion
  3. Relationship
  4. Musik & Film


Sukun yang memiliki nama latin Artocarpus Altilis merupakan buah berbentuk bulat dan seringnya berwarna hijau. Umum buah ini diolah dengan digoreng sebelum dikonsumsi.



Manfaat sukun dipercaya mampu mengobati dan mencegah penyakit tertentu. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, kalium, natrium, hingga kalsium membuat buah ini kerap dijadikan obat herbal.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022), berikut manfaat konsumsi sukun untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Bantu Kesehatan Jantung
Sukun merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium mendukung penurunan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur detak jantung dengan meminimalkan efek natrium.

Serat makanan dalam sukun juga membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapannya dalam usus.



Manfaat sukun bagi kesehatan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Konsumsi sukun juga dikaitkan dengan pengurangan kadar trigliserida yang menjadi penyebab utama serangan jantung.

2. Bantu Turunkan Berat Badan
Sukun bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori berlebihan. Jumlah serat yang tinggi juga mendukung kelancaran metabolisme. Tubuh yang memiliki metabolisme baik dapat terhindar dari risiko obesitas dan kenaikan berat badan.



3. Menjaga Kesehatan Tulang
Buah sukun sumber potasium yang penting dalam mengatur keseimbangan cairan, mendukung gerakan kerangka dan memperlancar kontraksi otot serta menghemat kalsium dalam tubuh sehingga membantu meminimalkan kehilangan kalsium melalui urin.

Mineral lainnya termasuk riboflavin, niacin, seng, mangan, kalsium dan banyak lagi. Seng dan magnesium sangat penting untuk metabolisme tulang sementara yang lain berfungsi bersama-sama atau terpisah untuk meningkatkan kesehatan tulang secara umum.

4. Bantu Kontrol Diabetes
Manfaat sukun yang selanjutnya adalah membantu mengontrol diabetes. Sukun adalah makanan yang sangat enak yang banyak direkomendasikan untuk pasien diabetes oleh ahli gizi karena fungsinya dalam mengurangi risiko diabetes.

Serat yang terkandung dalam buah ini berperan khusus dalam menghambat penyerapan kelebihan asupan glukosa dari karbohidrat.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sukun disebut sebagai makanan penambah daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Buah sukun sangat kaya serat, membuat makanan ini penting karena dapat melawan semua senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus dan di sisi lain meningkatkan metabolisme yang sehat.