FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

5 Tips Menulis Artikel Ilmiah untuk Media Massa

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Seperti makan dan minum, kegiatan menulis teramat biasa dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, menulis adalah kegiatan yang paling sering dilakukan selama 24 jam.

Setidaknya, menulis yang biasa dilakukan dalah menulis di social media, seperti pesan singkat lewat WhatsApp, Facebook, twitter, atau socmed platporm lainnya. Namun, bagaimana dengan menulis lebih serius membhas satu hal, apalagi untuk konsumsi media?

Pegiat literasi Subang, Ramdan Hamdani yang sudah banyak menulis artikel lepas di sejumlah media, baik media online maupun media cetak, berbagi tips seputar cara menulis di media massa.

Ramdan yang juga Guru SDIT Alamy Subang itu berbagi tips menulis muda oleh penulis pemula dalam mempublikasikan artikel ilmiah di media antara lain :

1.    Banyak Membaca
Mendapatkan informasi sebanyak mungkin merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang penulis. Dalam hal ini akurasi data menjadi sebuah keniscayaan saat membahas sebuah tema. Oleh karena itu sering membaca buku ataupun berita secara daring sangatlah penting. Selain itu membaca artikel yang ditulis oleh para penulis yang sudah lama malang melintang dapat membantu para penulis pemula dalam menyusun sebuah tulisan yang cukup “renyah” untuk dibaca oleh khalayak.

2.    Tulislah Topik yang Sedang Hangat
Menyuguhkan sebuah artikel dengan tema yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat jauh lebih baik dibandingkan dengan memilih tema yang tidak relevan dengan kondisi saat ini. Para pembaca akan snagat terbantu dengan informasi yang kita berikan perihal cara menyikapi fenomena yang terjadi secara (lebih bijak).

Untuk itu seorang penulis haruslah mengetahui tema yang sedang menjadi trending topic. Sebagai contoh, untuk kondisi saat ini, permasalahan tentang keamanan vaksin atau tantangan pembelajaran jarak jauh cukup menarik untuk dibahas.

3.    Membahas Masalah dan Menyuguhkan Solusi Terbaik
Seorang penulis yang baik bukan hanya mampu menggambarkan sebuah permasalahan secara utuh ataupun memberikan kritik secara tajam kepada pengambil kebijakan. Lebih dari itu, seorang penulis haruslah mampu memberikan solusi yang lebih baik atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat.
Solusi yang ditawarkan harus dapat dijelaskan secara rasional dan ilmiah sehingga mampu memberikan masukan kepada pengambil kebijakan untuk mengeluarkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Selain itu solusi yang ditawarkan juga mampu menggerakkan masyarakat untuk bersama – sama menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

4.    Memperhatikan Kaidah Penulisan
Tulisan yang dibuat haruslah memperhatikan kaidah – kaidah yang berlaku. Mulai dari penyusunan paragraph, penempatan tanda baca secara tepat, sampai dengan penggunaan huruf besar dan kecil harus benar – benar diperhatikan.

Kaidah penulisan tersebut akan lebih mudah dipelajari apabila seorang penulis banyak membaca dan berlatih dalam membuat tulisan. Artinya, kemampuan penulis dalam memahami kaidah – kaidah penulisan yang berlaku akan terasah seiring bertambahnya pengalaman dan jam terbangnya.

5.    Membuat Kerangka Tulisan
Untuk memudahkan penulis pemula dalam membuat sebuah artikel, pembuatan kerangka tulisan akan sangat bermanfaat. Kerangka tulisan tersebut terdiri dari 3 bagian, yaitu pembuka tulisan, pembahasan atau isi, serta penutup atau solusi.

Sebagai contoh, untuk tema tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kebijakan pemerintah untuk kembali menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara daring dengan alasan untuk melindungi keselamatan guru dan peserta didik dapat menjadi pembuka tulisan. Selanjutnya, berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dan orangtua dapat dijadikan sebagai isi pokok atau pembahasan dari tulisan yang dibuat.

Terakhir, masukan bagi pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur serta melakukan pemblokiran terhadap situs – situs yang dapat mengganggu konsentrasi anak dapat menjadi solusi atau penutup dari tulisan kita.

Bagaimana, siap mencoba?

Photo ilustrasi (ist/net)


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.







TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Oknum PNS Jualan Hasil Swab PCR Palsu, Ditawarkan Hingga Rp1,5 Juta https://t.co/GYk8Wq56rG
Ahli Gizi Buka Suara Soal Air Rebusan Mie Instan https://t.co/haymzyu6uH
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan https://t.co/1sfgN5xGgc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter