FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hi Milenial, Milikilah 10 Mindset Seorang Pemenang untuk Mencapai Impianmu

Indeks Artikel



Setiap orang tentu memiliki impian dalam hidup. Apakah Anda sudah meraih impian Anda atau saat ini Anda sedang berada di tengah kebimbangan dan kesulitan dalam meraih impian Anda?

Setiap impian memang datangnya dari sebuah pola pikir yang disertai dengan tindakan.

Lantas, apakah hanya sesederhana itu?

Dalam mencapai impian melalui setiap tindakan tentu diperlukan pola pikir yang terstruktur untuk dapat merealisasikan setiap impian pada suatu hal yang konkret.

Mari simak 10 pola pikir seorang pemenang dalam meraih impian dan mewujudkan setiap impian itu secara konkret yang dikutip dari Finansialku.com

 
1 Menjadi yang Terbaik dengan Cara yang Baik

Setiap orang pasti berlomba untuk menjadi yang terbaik. Biasa orang-orang mendefinisikannya menjadi yang pertama.

Menjadi yang terbaik terkadang bisa dengan cara apapun bahkan melegalkan yang sebetulnya tidak legal alias menghalalkan secara cara.

Menjadi yang terbaik disini artinya menempuh hal terbaik dengan cara yang baik.

Walaupun pada awalnya, Anda seperti tidak terlihat yang terbaik, tapi ketika Anda melakukannya secara tekun dan terus menerus dengan cara yang baik, suatu saat Anda akan diakui menjadi yang terbaik.

 
2 Kesuksesan itu Seperti Marathon Bukan Berlari Sprint

Sebuah kesuksesan seperti apakah yang ingin Anda raih?

Pola pikir seorang pemenang selalu mengarah kepada target jangka panjang alias kesuksesan yang bukan sementara. Target jangka panjang ini bisa digambarkan seperti lari marathon dengan jarak yang lebih panjang ketimbang lari sprint.

Dalam melakukan marathon, Anda perlu melakukan persiapan dan latihan yang lebih lama bahkan terus menerus dengan tekun. Ketekunan yang terus menerus inilah yang membuahkan hasil yang dapat dinikmati dalam jangka panjang. Anda tidak hanya menabur untuk dituai pada saat itu saja tetapi untuk masa-masa mendatang.

Terkadang melihat kesuksesan orang lain dan menjadikannya motivasi, bisa menjadi dorongan yang kuat dalam diri kita untuk meraih kesuksesan. Saat melihat keberhasilan orang lain, jadikan itu sebagai motivasi dan membuat rasa pesimis kita semakin ditekan.

Buat diri kita semakin optimis dan katakan serta yakinkan diri bahwa apabila orang lain dapat melakukannya, kenapa saya tidak? Selalu motivasi diri sendiri bahwa saya mampu dan saya bisa. Lakukan terus, terus dan terus dan jangan mudah menyerah. Ingatlah bahwa keberhasilan tidak datang secara instan.

Orang yang tekun adalah orang yang tidak mudah menyerah. Ambil hikmah dari setiap kegagalan untuk menjadi motivasi dalam diri dalam meraih keberhasilan di tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.




3 Miliki Pikiran yang Terbuka

Memiliki pikiran yang terbuka dengan setiap opini yang ada terkadang juga menyulitkan.

Mengapa demikian?

Begitu banyak informasi yang kita dapatkan namun belum tentu ada unsur kebenaran di dalamnya. Pemikiran yang terbuka terhadap segala informasi memang sangat diperlukan dan tetap harus diimbangi dengan menyaring setiap informasi yang didapatkan. Pikiran yang terbuka membuat kita belajar banyak hal dan mengetahui banyak hal.

Selain itu, kita semakin membuat relasi dengan banyak orang karena kita membutuhkan orang-orang lain di sekitar kita untuk mendapatkan informasi dan juga kebenaran di dalamnya. Seorang pemenang memiliki pola pikir yang yang terbuka dan mencari kebenaran dari setiap opini dan informasi yang ada di sekitarnya.

4 Percaya Diri

Poin ke 4 ini memiliki hubungan yang tidak dipisahkan dari poin sebelumnya. Setelah mendapatkan berbagai informasi dan juga mendapatkan kebenaran di dalamnya, sebagai seorang pemenang kita perlu percaya diri untuk memegang prinsip dari kebenaran yang telah kita terima tersebut.

Percaya pada diri Anda tentang kebenaran yang telah Anda pegang melalui informasi yang telah Anda dapatkan. Pertahankan kebenaran itu sebagai prinsip atau pegangan bagi Anda dalam menerima informasi lainnya yang tidak valid.

Jika Anda yakin akan sesuatu yang harus Anda lakukan dalam meraih kesuksesan melalui informasi yang Anda dapatkan dari berbagai sumber yang telah Anda eksplorasi, lakukanlah dengan percaya diri dan buktikan pada sekitar Anda tentang prinsip yang telah Anda pegang.

 
5 Ungkapkan Kebenaran, Bukan Yang Ingin Didengar

Suatu ketika seorang pemuda yang memiliki pacar sedang mengajak pacarnya untuk berjalan-jalan. Saat sang kekasih sedang melihat sebuah gaun dengan warna yang cukup mencolok, ia mencobanya di kamar ganti dan memperlihatkannya pada sang pemuda tersebut.

Dalam hati sang pemuda itu, ia tidak begitu menyukai warna gaun yang dikenakan oleh sang pacar. Namun hanya karena alasan “cinta”, ia mengungkapkan bahwa ia menyukai gaun tersebut. Sang pemuda tidak mengungkapkan hal yang sebenarnya pada sang pacar.

Terkadang, hanya demi menyenangkan orang lain, kita menyanjung atau mengatakan ini baik untuk Anda, Anda hebat, atau Anda tidak salah melakukannya. Sebagai seorang pemenang, Anda harus mengungkapkan yang sebenarnya. Bukan berarti Anda harus mengungkapkan kebenaran secara frontal dan malahan menyakiti hatinya secara langsung.

Perlihatkan kejujuran Anda dalam mengungkapkan kebenaran. Orang lain akan mengerti hal tersebut jika itu memang yang terbaik untuk mereka, meskipun ungkapan itu kadang tidak diinginkan untuk didengar.

Jika memang kinerja seorang karyawan Anda bahkan mungkin orang yang memiliki pangkat di atas Anda sedang melakukan kesalahan, sebagai seorang pemenang, Anda perlu memberitahukan yang sebenarnya.



6 Jangan Sekadar Mengeluarkan Ide – Lakukan Ide Tersebut!

Setiap orang memiliki ide yang cemerlang bagaimanapun juga. Apapun latar belakang bahkan usia sekalipun, ide cemerlang bisa muncul kapan saja dan kepada siapa saja. Termasuk Anda, ide cemerlang bisa saja ada dalam pikiran Anda.

Namun, masalahnya terletak pada keberanian seseorang dalam mengeksekusi ide mereka tersebut. Ide tersebut tidak akan disebut cemerlang jika kita tidak melihat hasil akhir dari ide yang dihasilkan.

Tahukah Anda bahwa ide bisa saja didapatkan dari gabungan berbagai ide lainnya?

Ada kalanya untuk menciptakan ide kita perlu mengamati, meniru dan juga memodifikasi setiap ide yang telah ada untuk menghasilkan ide baru yang lebih fresh. Seorang pemenang akan menggunakan ide tersebut dan berani untuk mengeksekusinya demi mencapai serta merealisasikan impian yang ada dalam pikirannya.

 
7 Tetap Berpikir Positif Walau Jalan Buntu

Berpikiran positif perlu dilatih setiap waktu. Setiap usaha kita tentu akan mengalami masalah, persimpangan jalan dan terkadang terlihat jalan buntu.

Milikilah pikiran positif bahwa Anda pasti bisa dan Anda memiliki kemampuan untuk bisa bangkit. Seorang pemenang tidak akan pernah menyerah bahkan sebelum perang dimulai.

Jadilah pemenang yang terus melatih pikiran positif Anda untuk terus melangkah maju meraih kesuksesan. Dalam keadaan buntu, mulailah berpikir realistis dan gunakan otak Anda untuk mencari jalan keluar yang praktikal.

Cara menghilangkan stres dan pikiran negatif adalah dengan berhenti berpikir sejenak. Rilekslah, kosongkan pikiran dan mulai isi kembali dengan fokus pada mencari jalan keluar yang paling masuk akal dari keadaan yang sudah ada.




8 Tak Cepat Merasa Puas

Ibarat buah mangga yang telah matang, maka ia akan cepat membusuk pula. Jika orang merasa cepat puas atas keberhasilan dan pencapaiannya, ia akan semakin melambat dan tidak berkembang lagi ke arah yang lebih baik. Karena merasa cepat puas, ia akan tertinggal oleh orang lain dan tak terasa, ia sudah berada di belakang.

Pernahkah Anda membaca cerita tentang kura-kura yang berlomba lari dengan kelinci yang sombong.

Sang kelinci merasa memiliki kemampuan lebih baik dalam berlari ketimbang kura-kura. Namun karena kesombongan dan rasa cepat puas diri, sebelum garis finish ia malah berleha-leha dan tak sengaja tertidur sehingga ia ketinggalan dari sang kura-kura.

Jika hidup Anda ingin berubah menjadi lebih baik, maka Anda harus memiliki prinsip dalam hidup untuk tidak cepat puas atas pencapaian akan keberhasilan saat ini. Jika Anda saat ini sudah merasa berhasil mencapai sesuatu, Anda harus bersyukur atas apa yang telah Anda capai, namun tidak boleh puas sampai di titik ini.

Orang yang merasa puas dengan keadaannya akan duduk di zona nyaman, akibatnya dia tidak akan maju dan tetap pada posisinya. Sang pemenang tidak cepat merasa puas atas keberhasilan yang telah ia capai.


 
9 Lihat Kegagalan dari Perspektif yang Berbeda

Kegagalan memang akan selalu ada dan kita patut bersyukur dengan keadaan gagal.

Mengapa demikian?

Karena dengan adanya kegagalan, artinya kita harus memperbaiki kekurangan untuk mencapai keunggulan. Karena dengan adanya kegagalan, artinya kita harus tetap belajar untuk down to earth alias rendah hati. Karena dengan adanya kegagalan, kita dapat belajar tentang arti kerja keras dan nilai-nilai sebuah perjuangan yang tidak pernah berakhir.

Dengan melihat kegagalan dari perspektif yang berbeda, tentunya perspektif yang positif, maka kita dapat mengatasi setiap kegagalan di masa mendatang dengan lebih efektif dan efisien.

Pebasket dunia bernama Michael Jordan pernah mengatakan:

    “I’ve failed over and over and over again in my life and that is why I succeed.”

    “Saya telah gagal berulang kali dalam hidup saya dan itulah kenapa saya berhasil.”

Kegagalan malahan membuat kita belajar bagaimana meraih kesuksesan. Jika Anda ingin berhasil dan sukses, tanamkan pada pola pikir kita bahwa kegagalan adalah hal yang lumrah dan tidak perlu disesali. Yang perlu kita lakukan hanyalah memperbaiki dan mempelajari letak kesalahan kita dan bangkit menuju kemenangan.

10 Bebaskan Diri dari Rasa Bersalah akan Kegagalan & Terus Melangkah

Memiliki cara berpikir yang baru tidak akan selalu berjalan sesuai rencana.

Anda akan mengalami pasang surut untuk mencapai kesuksesan serta melalui berbagai kegagalan. Kuncinya adalah terus melangkah maju. Bila Anda mengalami sebuah kemunduran, kenali apa penyebabnya dan lanjutkan usaha Anda untuk terus bangkit dari kegagalan.

Akan sangat mudah terperangkap dalam rasa bersalah, marah atau frustasi. Tapi emosi seperti itu tidak akan membantu membangun Anda untuk mencapai kesuksesan.

Oleh sebab itu, maafkan diri Anda atas kegagalan yang terjadi dan kembali pada setiap rencana kesuksesan Anda dengan segera. Semakin lama Anda keluar dari “permainan perangkap kegagalan” Anda, semakin sulit untuk terus melangkah ke arah yang positif.



 

Sumber; Finansialku.com


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Begini Cara Mengatasi Gatal Yang Dialami Bumil Dari Sang Ahli https://t.co/FpFoyp6MIw
Usai Divaksin, Lansia di Pantura Subang Sumringah Dapat Sembako https://t.co/RrkB7cDMFi
Quote "Setiap pengalaman dalam hidup Anda diatur untuk mengajarkan sesuatu yang perlu Anda ketahui untuk maju." ~Br… https://t.co/hNQ0X5aW82
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter