FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Belajar Menabung Agar Hasrat Belanja Terbendung



 

Menabung adalah hal yang tidak asing lagi di telinga kita. Aktivitas ini tidak sulit dilakukan sebab tidak perlu langsung menyisihkan uang dengan nominal yang besar. Yang terpenting dari menabung adalah komitmen dan juga konsisten. Budaya menabung kerap diterapkan semasa kecil, ketika sekolah dasar misalnya. Kita menabung ke guru dengan rutin setiap sekolah, nominalnya tidak besar, paling kisaran dua ribu sampai dua puluh ribu rupiah. Namun siapa sangka jumlah yang sedikit ini jika dikumpulkan akan jadi banyak.



Efeknya terasa saat kenaikan kelas, para orangtua tidak perlu pusing lagi untuk mengeluarkan uang. Hasil tabungan dibagikan setahun sekali, sehingga dengan mudah orangtua memenuhi kebutuhan anaknya, seperti membeli peralatan sekolah. Pola ini sangat terpakai, namun kita masih menganggapnya hal sepele, barulah terasa saat dewasa kita akan tahu pentingnya menyisihkan uang. Menabung bukan sekedar menyimpan sebagian uang kita, tapi juga berguna untuk masa depan.

Banyak orang yang menganggap aktivitas menabung sebagai beban. Ini karena merasa terbatasi untuk menggunakan apa yang dimiliki. Padahal, aktivitas ini jika dikonsisteni akan jadi kebiasaan baik yang manfaatnya terasa di kemudian hari. Misalnya dengan membatasi pengeluaran belanja, kita akan bersikap lebih bijak menggunakan uang.



Menabung bisa dimulai dari hal kecil, bisa dengan cara menyisihkan uang receh kembalian belanja, mengurangi pembelian minuman kemasan dengan menggantinya bawa tumblr berisi air minum dari rumah, dan menghindari biaya admin transfer antar bank jika melakukan transaksi non-tunai. Memang jumlahnya tak banyak, namun ketika dikonsisteni akan terus bertambah. Seperti pepatah “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”.

Menabung juga sebagai “rem” yang mengingatkan kita untuk tidak terlalu konsumtif. Menabung agar hasrat belanja terbendung, beli apa yang dibutuhkan saja, sisanya biar dipakai untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Pentingnya menabung mungkin belum terasa hari ini, tapi suatu saat nanti.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pengamat: DPRD Harus Ikut Tanggung Jawab Soal Realisasi APBD Perubahan https://t.co/kY46uuncET
Hujan Ringan Diprediksi Mengguyur Subang pada Kamis 21 Oktober https://t.co/9FXv5hpNdG
Gelar Vaksinasi, Tridjaya Motor Pagaden Siapkan Nasgor Gratis. Catat Waktunya! https://t.co/xovBB2FaOa
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter