FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tidak Populer, 5 Jurusan Kuliah ini Sangat Langka di Indonesia

Indeks Artikel



SUBANG. TINTAHIJAU.com - Ada banyak jurusan yang bisa dipilih mahasiswa saat masuk ke perguruan tinggi. Mulai dari jurusan populer hingga jurusan langka.
Memilih jurusan kuliah memang memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari minat, kemampuan, hingga prospek kerja ketika lulus dari perguruan tinggi tersebut.



Di Indonesia, ada jurusan tertentu yang terhitung cukup langka atau jarang ada. Pasalnya, jurusan-jurusan tersebut hanya ditemukan di kampus-kampus tertentu saja.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (ITEBA), berikut 5 jurusan langka yang ada di Indonesia:



1. Aktuaria
Jurusan Aktuaria dibuka untuk program tingkat Sarjana (S1). Aktuaria diketahui muncul di Indonesia sejak 2017. Jurusan langka ini mempelajari Ilmu Matematika yang dikaitkan dengan risiko asuransi.

Jurusan langka ini berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Secara umum, mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini merupakan gabungan antara Ilmu Matematika, Statistika, Keuangan, dan Pemrograman Komputer. Lulusan jurusan Aktuaria diharapkan dapat menjadi seseorang yang ahli dalam bidang asuransi dan perencanaan keuangan.



2. Rekayasa Nanoteknologi
Jurusan Rekayasa Nanoteknologi mempelajari tentang materi berukuran nano yang akan dimanipulasi, sehingga tercipta benda baru. Jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Teknik (FT). Mahasiswa diajarkan untuk memanipulasi dan memanfaatkan materi nano untuk menciptakan teknologi baru. Misalnya, teknologi dalam pengobatan dan sumber tenaga buatan.

Contoh konkret penerapan Rekayasa Nanoteknologi adalah penciptaan teknologi pengobatan yang ditemukan para ilmuwan untuk membantu mengobati kanker. Menurut salah satu studi National Science Foundation, 6 juta pekerja Nanoteknologi akan dibutuhkan di seluruh dunia pada tahun 2022.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ruwatan Bumi, Cara Warga Jabong Mensyukuri dan Menjaga Alam https://t.co/XMR8fDv0ck
Tantangan Ekspor dan Investasi Unggul Jabar https://t.co/rZyglnZ618
Rasulullah SAW Bersabda :"Tidak sempurna iman dari kalian, sehingga menjadikan aku lebih ia cintai dari orang tuany… https://t.co/Ze3y0Nrg4Q
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter