FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mulai Hari Ini Cukai Rokok Naik 12,5 Persen

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Per hari ini Senin 1 Februari 2021 harga rokok resmi naik, hal ini merupakan imbas kenaikan dari cukai hasil tembakau (CHT) dimana rata-rata mengalami kenaikan sebear 12,5 persen.

Hal ini juga telah diungkapkan oleh menketeri Keuangan, Sti Mulyani beberapa waktu lalu, "Rata-rata kenaikan tarif cukai rokok adalah sebesar 12,5 persen".

Ketentuan ini tertuang di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 198/PMK.010/2020 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

BACA JUGA: Minuman Energi dan Kopi Kemasan Akan Dipungut Cukai

Ani, sapaan akrabnya, mengatakan kenaikan tarif cukai rokok sudah mempertimbangkan dampak konsumsi rokok bagi kesehatan masyarakat, perkembangan industri, hingga nasib para buruh dan petani tembakau ke depan.

Untuk itu, kenaikan tarif cukai rokok hanya menyasar segmen Sigaret Putih Mesin (SPM) dan Sigaret Kretek Mesin (SKM). Sementara segmen rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) tidak naik alias tarif cukai nol persen.

Hal ini, katanya, karena mempertimbangkan nasib para buruh di industri tersebut. Sebab, mempekerjakan buruh dalam jumlah besar.

Pemerintah berharap kenaikan tarif cukai rokok bisa menekan pertumbuhan produksi rokok sekitar 3,2 persen. Sementara estimasi volume produksi diperkirakan sekitar 288,8 miliar batang pada tahun ini.

Lalu, berapa harga rokok di pasaran dengan kenaikan tarif cukai pada SKM dan SPM? Berikut simulasinya:



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Dorong Realisasi Investasi, Wamen BUMN Kunjungi WK Rokan https://t.co/2aaR7sE8BE
Perusahaan Induk Gojek Kini Resmi Berganti Nama jadi PT GoTo Gojek Tokopedia, Usung 4 Poin Penting https://t.co/yry1VXfmjW
Quote "Maafkanlah musuhmu, tapi jangan lupakan nama mereka." ~John F. Kennedy~ https://t.co/6lmSY7wTkI
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter