FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Gandeng Shopee, Ridwan Kamil Ingin Agar UMKM di Jabar Go Digital

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Shopee Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka percepatan digitalisasi UMKM untuk mendorong ekonomi digital Jawa Barat. Perwujudan kolaborasi ini disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Co-founder dan Group Chief Operating Officer, Sea, Ye Gang. Sea merupakan induk perusahaan dari Shopee Indonesia. Kerjasama tersebut dilakukan pada Rabu (2/6/2021) di Gedung Pakuan, Bandung.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga menyaksikan kerjasama ini secara online. Dalam kerjasama ini Shopee berkomitmen untuk mendukung percepatan digitalisasi UMKM Jabar guna mendorong pemulihan ekonomi. Salah satu dukungan Shopee untuk UMKM Jabar juga ditunjukkan melalui rencana pemberian bantuan berupa 5.000 perangkat komputer sebagai penunjang proses digitalisasi UMKM.

Data Pemprov Jabar menyebutkan ada lebih dari 4.5 juta UMKM yang tersebar di Jabar dan menyerap lebih dari 8 juta tenaga kerja. Tetapi sayangnya, belum semua UMKM berhasil mengoptimalkan potensinya di ranah digital. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan kerjasama ini akan jadi transformasi digitalisasi terbesar dan tercepat.

BACA JUGA: Para Ahli Memprediksi Indonesia Bakal Alami Taper Tantrum Tahun Depan, Apa Itu?

"Ini peristiwa luar biasa. Saya sampaikan ini akan menjadi transformasi digital paling masif yang ada di Indonesia dan ada di Jawa barat. Pusat digital desa yang infrastrukturnya kemudian disupport oleh Shopee Indonesia. Jadi, revolusi 4.0 di Jabar tidak setengah-setengah. Kami berharap dengan kehadiran infrastruktur ini di desa, maka yang tadinya produk desa terbatas, kini bisa dijual sampai ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri melalui Shopee," ujarnya.

Ridwan Kamil berharap UMKM Jabar tidak hanya Go Digital tapi juga Go Global dengan pelatihan dan program ekspor yang sudah dijalankan Shopee. Sebab hal ini akan selaras dengan tagline provinsi yang dipimpinnya yaitu tinggal di desa, rejeki kota dan bisnis mendunia. Untuk tahap awal, sebanyak 100 perangkat komputer akan didistribusikan ke beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akan dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemprov Jabar. Selain perangkat komputer, Shopee juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM desa.

Setidaknya sudah ada 3 titik desa percontohan yang telah menerima bantuan perangkat komputer dan pelatihan yaitu BUMDes Betah Mandiri di Desa Tanjung Wangi, BUMDes Megamendung di Desa Megamendung dan BUMDes Guha Bau di Desa Kertayasa. Shopee berencana untuk terus mengevaluasi performa Shopee Center tersebut dan akan melanjutkan distribusi hardware hingga ribuan di masa mendatang. Shopee juga akan memfasilitasi setiap unit tersebut dengan dukungan software yang diperlukan.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tahukan Kamu, Sebenernya Temanmu Suka Padamu, Ini Tanda-Tandanya https://t.co/JfWtYJCJ5y
Jadi Tersangka Kasus Novia Widyasari, Bripda Randy Dijebloskan ke Tahanan https://t.co/qGeOcCrvPW
Polisi Ungkap Asal Mula Hubungan Oknum Polisi dan Novia Widyasari https://t.co/js56PAINjv
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter