FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ridwan Kamil Minta Arsitek Adaptasi Perubahan Budaya Pascapandemi

Indeks Artikel





KOTA BANDUNG, TINTAHIJAU.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta para arsitek beradaptasi dengan pandemi COVID-19 dalam membuat karya- karya arsitektur.

Demikian dikatakannya dalam Musprov XII Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jabar 2021 dan IAI Jabar Award 2021 secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (31/7/2021).

Hal yang perlu diadaptasi adalah kebutuhan bangunan yang tidak terlalu banyak disentuh tangan atau jari menghindari transmisi virus. Misalnya mendesain rumah dengan pintu terbuka otomatis tanpa harus disentuh. Kemudian tombol lift di gedung- gedung harus dapat bergerak tanpa disentuh jari.



BACA JUGA:
Hari Anak Nasional, Ridwan Kamil: Kawal Bersama Vaksinasi Anak

"Ini adalah perubahan gaya hidup masyarakat setelah COVID-19," kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Kemudian, arsitek harus mampu mendesain tempat kerja yang dekat dengan tempat hiburan dan tempat tinggalnya. Ini sesuai dengan konsep work – life – play yang di antaranya akan diterapkan di Rebana Metropolitan.  

"Dulu tinggal, kerja, dan bermain di tiga tempat berbeda, mari kita pikirkan agar tinggal di situ, cari hiburan di situ, kerja di situ. Apalagi tipe arsitek yang bisa mendeliver kerjaan beres di mana pun dikerjakan sehingga firma-firma arsitektur juga harus menyesuaikan," kata Ridwan Kamil.

Kemudian, para arsitek juga harus menyesuaikan tentang budaya solidaritas yang saat ini sedang naik. Arsitek dapat membuat desain rumah sakit, puskesmas, hingga klinik yang lebih ramah disabilitas dan juga fasiitas yang bagus.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ingin Menyembunyikan Obrolan di WhatsApp Web? Begini Caranya https://t.co/Xstf65NMNk
Bentrok 2 Ormas di Perbatasan Cianjur - Sukabumi, Keluarga Korban Ungkap Kronologi Kejadian https://t.co/XAen1VSFqr
Ikhtiar Lawan Narkoba, Polres Subang Hadirkan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Rawalele https://t.co/z8gUk3J5hX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter