FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kemenkop dan UKM Komitmen Tingkatkan Kualitas Koperasi dan UMKM di Subang

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Kementerian Koperasi dan UKM tengah inten memperkuat komunikasi dan koordinasi aktif dengan Pemkab Subang dalam rangka meningkatkan kualitas SDM koperasi dan UMKM di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim pada Pembukaan Forum Komunikasi Komunitas Pelaku KUMKM mengatakan khusus untuk entitas koperasi, keberhasilan peningkatan SDM dapat dilihat dari dua indikator, yakni indikator sosial dan indikator ekonomi.

Khusus untuk indikator sosial, Arif menyebutkan koperasi akan dinilai berhasil jika bisa menumbuhkan semangat gotong royong, meningkatkan kekompakan dan kerja sama antaranggota, serta memacu kemandirian dari masing-masing anggota. "Termasuk menambah pengetahuan anggota dalam manajemen keuangan, SDM, produksi, hingga pemasaran," sebut Arif di Subang, Minggu (28/11).

Sementara dari aspek ekonomi, ia mengatakan keberhasilan koperasi terlihat dari peningkatan kesejahteraan anggota, perluasan jangkauan pemasaran, penggunaan metode kerja yang lebih baik, hingga kemampuan untuk bersaing dan tumbuh.

Untuk itu, ia berharap kehadiran forum-forum komunikasi antar pelaku KUMKM bisa memberikan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM koperasi dan KUMKM agar kemudian produktivitas dan daya saing produk dapat dikembangkan secara berkelanjutan.

"Sehingga nanti dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing produk unggulan daerah yang berbasis kearifan lokal, serta dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan di Kabupaten Subang," jelas SesKemenkopUKM.

SesKemenkopUKM menambahkan, upaya peningkatan SDM koperasi dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas komunikasi antaranggota, salah satunya mengadakan rapat. "Jika rencana kerja disusun bersama dengan komitmen yang kompak, maka diharapkan omset koperasi akan terus tumbuh dari waktu ke waktu," ujarnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bupati Langkat Terbit Rencana Jadi Tersangka Suap Proyek https://t.co/s43aCXiQUO
Siap-siap! Mulai April 2022 Siaran TV Analog Mulai Dihentikan Secara Bertahap https://t.co/N1EOfcp5Lk
Quote "Harga sebuah kesuksesan adalah kerja keras dan dedikasi terhadap pekerjaan." ~Vince Lombardi~ https://t.co/6fVUCfhTgl
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter