FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Situs Setkab Diretas, Siapa Pelakunya?

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pagi tadi, situs web resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) RI diretas. Ternyata bukan kali ini saja situs Setkab diretas. Situs Setkab pernah diretas 'hacker China' enam tahun silam.

Berdasarkan catatan pemberitaan yang dilansir dari detikcom, situs Setkab yang beralamat di www.setkab.go.id pernah diretas pada 25 Desember 2015.

Saat itu, situs Setkab yang diretas memperlihatkan gambar tengkorak dan memperdengarkan musik disko. Pada sore hari, situs menjadi tidak bisa diakses.

BACA JUGA:
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan

"Hasil analisis internal kami, peretasan diduga kuat dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam keterangan tertuis yang diterima detikcom, 24 Desember 2015.

Situs Setkab berhasil dipulihkan pada hari yang sama, tepatnya pukul 18.45 WIB. Usut punya usut, empat hari keudian terungkap peretasnya berasal dari China. Entah itu hacker China betulan atau bukan, namun dia menggunakan internet protocol (IP) dari China.

"Sebagai informasi awal, sudah diketahui kira-kira siapa yang melakukan itu. Di mana dilakukan belum bisa disebutkan. Tetapi IP-nya sudah diketahui menggunakan IP China," kata Pramono saat itu.






Motif hacker ber-IP China itu adalah kepentingan pribadi. Tidak ada motif politik di balik peretasan situs Setkab kala itu. Setkab kemudian meningkatkan sistem keamanan.

Pramono mengatakan, pasca kejadian itu, pihaknya telah meningkatkan keamanan terhadapa situs. Hal ini juga dilakukan di situs-situs milik pemerintah lainnya.

"Untuk di internal instansi pemerintah, termasuk di Setkab kita akan meningkatkan proteksi ataupun juga barrier supaya tidak gampang dimasuki hacker," kata Pramono, 28 Desember 2015.

BACA JUGA:
Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering Secara Daring

Ternyata hari ini, Sabtu (31/7/2021), situs resmi Setkab diretas lagi sekitar pukul 09.00 WIB. Tampilan situs menjadi bergambar foto Lutfi 'pembawa bendera'.

Peretas mengaku sebagai Zyy ft Lutfifake, Padang Blackhat. Setkab langsung menutup sementara situsnya pada pukul 09.45 WIB tadi. Siang pukul 14.10 WIB, situs berhasil dipulihkan.

Hacker akan dilaporkan ke polisi. "Ya, akan kami serahkan ke aparat kepolisian yang berwenang untuk diproses sesuai ketentuan hukum," kata Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Setkab, Said Muhidin, kepada detikcom, tadi.

Sumber: detikcom | Foto: Tangkapan layar situs Setkab saat diretas pada 24 Desember 2015 silam



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gasak 20 Unit Motor, Polres Purwakarta Bekuk Bandit Curamor https://t.co/IevxUq2vuD
Sebelum Menikah, Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Tidak Menyesal https://t.co/YIkcrDUTC2
Gantikan Kantong Plastik, Siswa di Purwakarta Galakan Kanjut Kundang https://t.co/O5nDpsIiUW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter