FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Menelusuri Desa Siluman di Pabuaran Subang

PABUARAN, TINTAHIJAU.COM- Di Kabupaten Subang, dari 245 Desa ada satu Desa dengan nama Siluman. Desa ini berada di Kecamatan Pabuaran atau Subang Barat

Nama Desa Siluman ini aalah nama sebenarnya. Namun bukan berarti penduduknya dari bangsa astral. Dari penelusuran TINTAHIJAU.com Desa Siluman ini berdiri pada tahun 1908 Masehi. Nama Desa Siluman ini diambil dari sebuah nama Kali Cisiluman. Namun setelah dilakukan pemekaran kali Cisiluman masuk wilayah Desa Kadawung, Kecamatan Pabuaran, Subang.

Pada jaman penjajahan Belanda kali Cisiluman kerap dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang tanah air saat melawan Belanda. "Ya asal muasalnya nama desa siluman berasal dari kali cisiluman waktu jaman penjajahan belanda," kata Kasi Pemerintah Desa Siluman, Darman Ade Permana kepada TINTAHIJAU.com.

Dia mengatakan, untuk mengindari kejaran penjajah Belanda pada jaman itu, anehnya jika ada para pejuang yang sembunyi di kali cisiluman mereka tak dapat terlihat oleh penjajah Belanda.

Hingga saat ini kali Cisiluman menjadi sejarah bagi warga setempat. Namun keberadaan kali cisiluman sepertinya kurang terawat dan kondisinya semakin menyempit mungkin akibat ulah tangan-tangan jail yang tidak bertanggung jawab.

Jumlah penduduk 7090 Orang jumlah KK  2.289 dan jumlah dusun 5 Dusun yakni Dusun Kerajan, Siluman Girang, Siluman satu, Siluman dua dan Bakan Subang

Sebagian besar penduduk di desa tersebut bermata pencaharian bercocok tanam atau bertani. Namun seiring dengan waktu perekonomian penduduk desa siluman kini sebagiannya beralih dengan mendirikan home industri menjadi pengrajin kursi mebel.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ratusan Mahasiswa Universitas Majalengka Laksanakan KNM di 17 Kecamatan https://t.co/em8bdS9a5L
4 ASN Positif Covid-19, Bupati dan Ratusan Pejabat Subang Kembali Dites Swab https://t.co/YSqEKEdaRw
4 ASN Positif Covid-19, Bupati dan Ratusan Pejabat Subang Kembali Dites Swab https://t.co/YSqEKEdaRw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter