FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Punya Janda Bolong? Begini Cara Merawatnya

Indeks Artikel

Monstera adansonii, yang dikenal dengan nama janda bolong, merupakan tanaman tropis dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman dengan daun berbentuk hati dan berlubang-lubang, mirip keju Swiss, ini sangat mudah tumbuh dan bisa merambat jika diberi penyangga.  

Dilansir dari the spruce, tanaman hias yang sedang populer ini cenderung mudah dirawat karena tidak memiliki masalah serius. Penyakitnya sama saja dengan kebanyakan hias, berupa kutu daun, kutu putih, thrips, sisik atau tungau laba-laba terkadang bisa menjadi masalah. Hama ini bisa dibasmi dengan insektisida biasa.

1. Pencahayaan
Di tempat asalnya, tanaman ini tumbuh di bawah naungan pepohonan. Oleh karena itu, tanaman ini paling baik diletakkan di bawah sinar matahari tidak langsung. Jika sinar matahari langsung tidak dapat dihindari, batasi pemaparan hanya pada dua hingga tiga jam sinar matahari pagi.

BACA JUGA:
Hama Wereng Serang Tanaman Padi di Area 30 Hektar di Ciasem
Janda Bolong Lagi Naik Daun, Satu Lembar Daun Dihargai Rp30 Juta

2. Tanah
Ketika dijadikan tanaman hias, janda bolong banyak ditanam di pot. Tanaman ini paling baik berkembang di tanah berbasis gambut dalam pot yang memiliki lubang drainase yang besar. Gambut membantu menahan kelembapan di dalam tanah tanpa membuatnya tergenang air. Untuk pertumbuhan yang kuat, targetkan pH tanah 5,5 hingga 7,0.

3. Air
Jangan biarkan tanah kering. Sebelum menyirami tanaman ini, cek terlebih dahulu seberapa basah atau keringnya tanah tersebut dengan memasukkan jari ke tanah. Jika tanah hampir kering, sirami.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Contoh Pertanyaan Interview Saat Melamar Kerja dan Tips Menjawabnya https://t.co/gZrvtmHzeZ
Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Majalengka 27 November, Cek Lokasinya di Sini https://t.co/e8tCEjiQoy
Melonjak Lagi, Kasus Covid-19 di Majalengka Tambah 23 Orang https://t.co/1TtO0FpIYR
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter