FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bank Roentah Rumah Inspirasi Subang Sulap Sampah Jadi Rupiah

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.com -  Salah satu program CSR unggulan Pertamina EP Subang adalah membangun Rumah Inspirasi Subang di Kelurahan Dangdeur, Subang. Rumah Inspirasi yang mengusung Kampung Eco Green ini mulai hadir di Subang pada November 2016 lalu, saat Subang dipimpoin Imas Aryumningsih.

Empat tahun beranjak, keberadaan Rumah Inspirasi memberi wrna sendiri bagi warga setempat. Sejumlah program, dari mulai edukasi, kerajinan, sosial sampai program andalan Rumah Insprasi yakni BROERI atau Bank ROEuntah InpiraSI.

Namun demikian, memasuki 2020 ini atau saat Pandemi Covid-19, dari sejumlah program yang ada, tersisa BROERI yang masih eksis. Sisanya, untuk sementara dikurangi mengingat akan melibatkan banyak orang.

"Sekarang yang masih eksis itu pengelolaan sampah aja, jadi kita menerima sampah dari masyakat aja. Kalau untuk kegiatan lainnya, di RW 10, tapi kan sekarang Covid-19 ya masih vakum" kata Salah Seorang Pemgurus Rumah Inspirasi Dangdeur, Firna Dea



BERITA LAINNYA:
Darurat Sampah, Pemkab Subang Akan Sewa Kendaraan Angkutan Sampah
Armada Sampah Terbatas, Bupati Subang Ajak Semua Elemen Bergotong Royong
Dedi Mulyadi Datang, Tumpukan Sampah di 4 TPS di Subang 'Menghilang'

Sampah-sampah rumah tangga dari warga sekitar ini ditukar dengan sembako dan atau uang cash. Warga yang menjadi nasabah Bank Sampah itu bisa menentukan waktu pembayaran, baik perhari, perminggu atau bulanan.

"Masyarakat membawa sampah ke warung, nanti masyarakat menukar dengan sembako di warung itu. Kalau ditukar dengan uang cash, bisa Rp2000, ada yang Rp5000 dan lainnya tergantung jenis sampahnya," jelasnya

Penerapan Bank Sampah ini mendapat respon positif dari warga. Terlebih mereka yang berada tidak jauh dengan rumah inspirasi. Sementara mereka yang jauh, biasanya diambil dari petugas Rumah Inspirasi. "Sampahnya ada yang kita kelola ada juga yang dijual ke pabrik," terangnya
 
Sampah tertentu, seperti bungkus kopi dan atau botol mineral, biasanya dimanfaatkan untuk dibuat handycraft, seperti tas, pas bunga, tikar dan atau alas meja. Untuk kerajinan ini, Rumah Inspirasi melibatkan kaum Emak-emak.

 



Menyulap Sampah jadi Rupiah, Klik halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Realme Rilis Dua Smartphone Anyar di Penghujung Tahun 2021 https://t.co/9xPQ3bNWOe
Begini Respon Menag Yaqut Saat Ditanya Terkait Polemik Muktamar NU https://t.co/hEu3UIK1SK
Diduga Supir Ngantuk, Pajero Sport Hantam Truk di Tol Cipali, 2 Tewas dan 5 Luka Berat https://t.co/2aljakKsJB
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter