FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Atasi Krisis Kelangkaan Oksigen, Pria Asal Cimahi Ciptakan Oxygen Maker

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com -  Oksigen medis tengah dibutuhkan akibat lonjakan kasus COVID-19 di berbagai wilayah termasuk Kota Cimahi. Kondisi itu menggerakkan sejumlah pihak mencari solusinya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, menggugah Setiawan Hendra untuk ikut membantu mengatasi kelangkaan oksigen yang amat dibutuhkan pasien yang mengalami gangguan pernafasan terutama akibat terpapar COVID-19 dengan membuat sebuah alat penghasil oksigen.

Berbeda dengan aerator oksigen yang banyak dibuat dengan memanfaatkan peralatan dan bahan seadanya, oxygen maker yang dibuat Setiawan menggunakan alat dan bahan yang boleh dibilang jauh lebih mumpuni. Bahkan sebagian harus diimpor demi menjaga kualitasnya.

Di workshopnya di Jalan Mahar Martanegara, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pria yang kini berusia 38 tahun itu menunjukkan bentuk hingga cara kerja oxygen maker yang saat ini sedang dalam proses penyempurnaan.

BACA JUGA:
PPKM Darurat, DPRD Subang Libur Kunker dan Tolak Kunjungan Dari Luar Kota
BREAKINGNEWS Polisi Tangkap dr Louis Owien

Di dalam ruang kerjanya, Setiawan menjejerkan tabung berukuran sedang dan kecil dengan selang bening khas alat bantu pernafasan yang biasanya ada di rumah sakit menyambung dari satu tabung ke tabung lainnya.

Setiawan mengatakan jika alat tersebut sudah lama dibuatnya. Namun dulu, alat itu diperuntukkan sebagai alat menghemat bahan bakar kendaraan. Namun karena krisis oksigen yang terjadi, dirinya lantas mengubah cara kerja alat tersebut untuk menghasilkan oksigen.

"Sebelumnya alat ini dibuat untuk pengiritan BBM, jadi sistem kerjanya itu diambil H2O atau hidrogennya dan O2 atau oksigennya kami buang. Tapi sekarang karena kelangkaan oksigen, mendorong kami mengambil oksigennya yang dipakai untuk membantu pernafasan dan hidrogennya yang dibuang," ungkap Setiawan seperti dikutip dari detikcom, Senin (12/7/2021).

Setiawan menjelaskan oxygen maker tersebut terdiri dari dua buah tabung berukuran sedang yang sudah dikostumisasi. Di dalam tabung itu disimpang shell atau lempengan stainless murni antikorosi.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sedang Berlangsung, PERSIB Bandung Sementara Ungguli Madura United 1-0 https://t.co/XJfm9Xl5ef
Inilah Fakta-fakta Terkait Meletusnya Gunung Semeru Hari Ini https://t.co/2LhPXoYT67
Quote "Anda berhak atas pendapat Anda sendiri, tetapi bukan fakta Anda sendiri." ~Michael Bloomberg~ https://t.co/odFG09bbGs
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter