FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Musim Hujan Tiba, Kenali Jika Ada Sarang Ular Kobra Disekitar Rumah

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Musim hujan merupakan periode tepat bagi ular kobra untuk menetaskan telurnya. Area yang gelap dan lembap sering kali dijadikan ular kobra buat bersarang dan berkembang biak.

Ular kobra juga gemar bersarang atau bertelur di area rumah lembap dan gelap.

Ahli Herpetologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, mengatakan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ular kobra bersarang dan bertelur di area rumah penduduk.

"Lingkungan sekitar kita menyediakan ruang yang menguntungkan bagi si kobra ini. Misal, ketersediaan pakan, kobra ini kan mencari tikus, jadi semakin banyak tikus di rumah kita itu kemungkinan ular akan datang," kata Amir seperti dilansir oleh CNN Indonesia, dikutip Sabtu (18/09/2021).

BACA JUGA:
Ular Cobra Sambangi Komplek Perumahan, Tim Damkar Subang Turun Tangan

Selain itu, Amir juga ular kobra akan tertarik dengan kawasan yang gelap dan lembap di dalam rumah. Tempat yang kerap dipakai oleh ular bersarang dan bertelur yaitu lubang-lubang yang biasanya berada di antara pondasi dan tembok.

"Kobra itu meletakkan telur di lubang, semua telur ular tidak ada yang terekspos keluar. Jadi telur ular itu harus ada di dalam lubang yang gelap dan lembab. Kalau terlalu kering dia enggak menetas," imbuh Amir.

Lubang-lubang tersebut, kata Amir, mungkin juga tercipta dari tumpukan genting, bebatuan, kardus dan barang bekas lainnya. Kondisi area seperti itu sangat berpotensi dijadikan sarang oleh ular kobra karena menyediakan kelembapan yang ideal.

Amir menjelaskan faktor lain yang menyebabkan kobra menetaskan telur di area pemukiman adalah musim.

"Musim sangat berpengaruh. Kenapa? Karena dengan musim itu populasi bisa berubah. Jadi jika kita lihat menjelang musim hujan, itu adalah musim di mana telur-telur anakan kobra itu menetas," ujar Amir.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Vaksinasi Tahap 1 di Subang Nyaris 50 Persen, Vaksin Untuk Lansia Merayap https://t.co/y1tQExdjRE
Lahan Produktif di Subang Bakal Dialihfungsikan Jadi Industri https://t.co/xHRdq0z9mO
Biaya Umrah Naik 30 Persen, Ini yang Jadi Penyebabnya https://t.co/VsEE8875BQ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter