FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ini Alasan Nadiem Tentang Pembelajaran Tatap Muka Harus Terus Dilakukan





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim menegaskan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah amat genting untuk dilaksanakan sesegera mungkin. Sekaligus ia meluruskan, kabar yang sempat beredar soal 15 ribu murid dan 7 ribu guru positif COVID-19 akibat PTM tidaklah benar.

Menurutnya, persoalan lebih darurat untuk dikhawatirkan sekarang adalah baru 40 persen dari total sekolah yang melakukan PTM.

BACA JUGA:
Aplikasi PeduliLindungi Segera Diterapkan di Sekolah, Begini Kata Nadiem

"Secara garis besar, kami tidak terlalu khawatir mengenai tren yang kita lihat saat sekolah melakukan PTM. Tapi saya lebih khawatir, hanya 40 persen yang hanya melakukan PTM saat ini baru melakukan PTM. Jadi ada 60 persen saat ini sekolah yang sebenarnya bisa melakukan PTM, yang belum," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (27/9/2021).

Kenapa harus PTM? Bukankah PJJ lebih aman?

Selain ketidakefektifan dalam belajar-mengajar, Mendikbud menegaskan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menimbulkan sederet efek psikologis pada siswa-siswi. Khususnya, di tingkat SD dan PAUD lantaran mereka amat membutuhkan pendidikan tatap muka.

Jika sistem jarak jauh ini diberlangsungkan lebih lama lagi, ia khawatir dampaknya bisa permanen pada anak-anak.



BACA JUGA:
Untuk Hapus Intoleransi, Mas Nadiem Rancang Kurikulum Moderasi Agama

"Data dari bank dunia, berbagai macam institusi research menyebutkan betapa menyeramkannya learning loss yang bisa terjadi di luar kondisi psikologis, apalagi di tingkat SD dan PAUD di mana mereka paling membutuhkan PTM," beber Mendikbud.

"Bahwa kalau sekolah-sekolah ini tidak dibuka, dampaknya bisa permanen. Ini satu hal yang lebih mencemaskan lagi buat kami adalah seberapa lama anak-anak ini sudah melaksanakan PJJ yang jauh di bawah efektivitas sekolah tatap muka," pungkasnya.

Sumber: detikcom | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua" ~Cut Nyak Dien~ https://t.co/FraVwT0QIg
Heboh Pernyataan Al Gore 'Indonesia Negara Rapuh', Begini Kata Megawati https://t.co/hA5pRXP4YY
Menilik Sejarah dan Isi Teks Sumpah Pemuda yang Jadi Persatuan Bangsa https://t.co/tRcKSrvPPZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter