FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cakupan Vaksinasi Lansia di Subang Masih Rendah, Kadinkes Ungkap Penyebabnya



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Cakupan vaksinasi untuk Lansia di Kabupaten Subang masih rendah. Dari 140.682 sasaran, Lansia yang sudha divaksin baru 22.40 persen.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Subang, hingga 21 Oktober 2021, vaksinasi untuk dosis 1 sudah di angka 49,5% dari 1.285.199 sasaran.

Berbeda dengan vaksinasi untuk orang dengan usia lanjut atau lansia. Kepala Dinkes Subang dr Maxi mengatakan vaksinasi dengan sasaran lansia baru 22.40 persen

"Untuk vaksinasi tahap pertama tinggal sedikit lagi ke 50 persen, sekarang sudah 49.5 persen. Sedangkan untuk dosis 1 lansia baru 22,40  persen, masih merayap," kata dr Maxi

dr Maxi menerangkan, orang Lanjut Usia ini adalah mereka yang berusia di atas 59 tahun. Usia yang lebih dari setengah abad ini, kata dr Maxi menjadi salah satu penyebab rendahnya vaksinasi

Kepala Dinkes ini menerangkan, berbagai kondisi yang menyebabkan lambatnya vaksinasi untuk lansia. Beberapa  diantaranya adalah keluarga merasa sudah sepuh, sehingga menganggap tidak perlu divaksin, tidak ada yang mau mengantar ke lokasi vaskinasi

"Faktor lain adalah sulit ke tempat vaksin karena susah berjalan, takut, termasuk banyaknya penyakit penyerta yg diderita. Ada juga yang sudah bisa divaksin tapi tidak memiliki KTP/KK utk diinput ke sistem," paparnya.

Untuk mencari solusi terkait permaslaahan ini, Pemkab Subang bersama Forkopimda, Camat dan Puskesmas menggelar rapat koordinasi.

"Hasilnya, disepakati bahwa sampai akhir Oktober tiap puskesmas diberi target vaksinasi lansia minimal 100 orang perhari dan Vaksinasi 12-59 tahu 500 per hari," paparnya.

"Strategi akselerasi tim vaksin akan dipecah dalam beberapa tim. Ada yang stay di posbindu dan ada yang door to door," terangnya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apreisasi Eksistensi AMSI, Wagub Jabar: Pemerintah dan Pers Harus Berkolaborasi https://t.co/WfIOWFlBJA
Perhatian!, Masyarakat yang Hendak Bepergian Saat Libur Nataru Wajib Bawa SKM https://t.co/2n1vzqsvMx
Tak Perlu Risau Bunda, Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI https://t.co/9HuRIfJXdx
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter