FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas! Ada Modus Kejahatan Baru, Tipu Pembeli Pakai Sistem COD

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Sejumlah pengguna ecommerce seperti Lazada dan Shopee mengeluh kerap mendapat penipuan pembelian lewat metode pembayaran bayar di tempat (COD/ cash on delivery).

Hal ini seperti diungkap akun @Nerokumaa yang menyebut ibunya telah menjadi korban penipuan ecomerce yang menggunakan metode scam COD.

BACA JUGA:
Inilah Fakta Kasus Konsumen yang Ancam Kurir dengan Samurai

Dalam cuitannya akun tersebut menjelaskan total tiga paket datang ke rumahnya. Pada paket pertama, ibu korban langsung membayar paket yang datang tanpa melakukan pengecekan karena memang sedang membeli barang di ecommerce.

"Waktu itu ibu gw ya langsung bayar aja karena lagi pesen beberapa barang di e-commerce tersebut, jadi ya spontan bayar," tulisnya, Minggu (17/10).

Namun setelah ditelusuri di riwayat pembelian pada dua ecommerce yang terinstall di ponsel, korban tidak mendapati barang tersebut telah dibeli oleh ibunya.

"Waktu nelusurin 2 aplikasi e-commerce yang ada di hpnya itu bener-bener enggak ada history pembelian barang itu," katanya.



Penipuan dengan modus COD ini tak cuma akun @Nerokusumaaa. Sebab, keluhan serupa juga diutarakan oleh banak warganet. Salah satunya seperti disebut oleh akun @capricornberry.

"Ini kejadian beberapa bulan lalu. Seumur-umur beli online, ngga pernah COD. Tetiba ada kurir telepon kirim barang COD. Untung lagi enggak ada orang dirumah. Terus seumur-umur ngga pernah beli di Lazada," tulisnya.

Senada akun @snxwies juga mengeluhkan paket datang tanpa dipesan dengan metode COD dari Lazada. Dalam cuitannya, Sabil menyebut sempat menghubungi layanan pelanggan Lazada mengenai masalah ini. Hal ini ditanggapi pihak Lazada agar tidak menerima paket tersebut.

BACA JUGA:
Polisi Selidiki Penjual Barang dalam Kasus Kurir yang Diancam dengan Samurai

"Ini kejadian sm ibuku beberapa bulan yg lalu tiba-tiba ada paket dari JNE COD Lazada, kurir nya WA Ibu katanya ada paket. Disitu Ibu kaget padahal ngerti cara pesen di Lazada aja engga, soalnya suka nitip aku/adek. Akhirnya aku hubungi Lazada dan katanya gini, gausah diterima"

Pengakuan juga datang dari akun yang mengaku memiliki suami yang bekerja sebagai kurir dan memang mendapati masalah ini pengiriman COD yang bermasalah.

"Kejadian beberapa hari lalu sama suamiku yang kerja dikurir pengiriman COD s*cepat, dia dapet pengiriman dr satu toko ke bbrpa orang dibrbagai desa, mereka kompak enggak ngerasa pesan apalagi kepngriman manual tanpa apk lazd*/sh*pi, ada skitar 15pket gagal dr satu toko itu," tulis akun @Jasmine151094

Diduga imbas kebocoran data, baca di halaman berikutnya



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah Jadwal Samsat Keliling di Subang Pada 7 Desember 2021 https://t.co/p030gaKpya
Jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Subang Pada 7 Desember 2021 https://t.co/qnhTWDj7QK
Terekam CCTV, Begal di Bandung Sasar Korban yang Sedang Lari Pagi https://t.co/e49d7HyHGS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter