FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Putin Berikan Kewarganegaraan Rusia Pada Mantan Kontraktor Keamanan AS, Edward Snowden

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan kewarganegaraan Rusia kepada mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), Edward Snowden.

Dekrit presiden yang diterbitkan Senin (26/9), memasukkan Edward Joseph Snowden yang lahir 21 Juni 1983 dalam daftar warga negara Rusia yang baru dicetak, dikutip dari Associated Press, Senin (26/9/2022).

Snowden adalah salah satu dari 75 warga negara asing yang terdaftar dalam dekrit yang diberikan kewarganegaraan Rusia. Keputusan itu diterbitkan di situs web resmi pemerintah.

Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS, tinggal di Rusia sejak 2013 untuk menghindari penuntutan di AS setelah membocorkan dokumen rahasia yang merinci program pengawasan pemerintah.

Snowden diberikan izin tinggal permanen pada tahun 2020 dan mengatakan pada saat itu bahwa dia berencana untuk mengajukan kewarganegaraan Rusia, tanpa melepaskan kewarganegaraan AS-nya.



BACA JUGA:
Shin Tae-Yong Sering Kerja Sampingan Jadi Bintang Iklan, Ketua PSSI Beri Tanggapan Begini

Edward Snowden, selengkapnya Edward Joseph Snowden, menurut Encyclopedia Brittanica lahir 21 Juni 1983, di Elizabeth City, North Carolina, Amerika Serikat.

Snowden adalah kontraktor intelijen Amerika yang pada tahun 2013 mengungkapkan adanya program pengumpulan informasi rahasia yang dilakukan oleh National Security Agency (NSA).

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, mengatakan kepada kantor berita negara Rusia RIA Novosti bahwa istri mantan kontraktor Lindsay Mills, seorang Amerika yang telah tinggal bersamanya di Rusia, juga akan mengajukan paspor Rusia.

Pasangan itu dikaruniai seorang anak pada Desember 2020.

baca selanjutnya di halaman berikutnya