FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Penampakan Mushaf Al-Quran Abad 13 dari Cipunagara di Museum Subang

TINJAU SUBANG- Sebuah al-Quran peninggalan abad 13 ditemukan di daerah Cipunagara, Subang. Al-Quran usang itu diduga kuat peninggalan penyebaran Islam di Subang oleh Arya Wangsa Gofarana.

Al-Quran dengan ukuran 10 x 15 Centimeter itu kini menempati salah satu sudut Musem Wisma Karya Subang. Menurut Pengelola Museum, Ahmad Sholeh, dalam Al-Quran itu berisi surat-surat tertentu saja, seperti Surat Yaa Siin, dan beberapa surat pendek dalam Juz 30.

"Ini Al-Quran peninggalan abad 13 saat penyebaran Islam di Subang. Dalam Al-Quran ini hanya ada surat Yaa Siin, dan beberapa surat pendek Juz amma atau Juz 30," kata Sholeh kepada TINTAHIJAU.com, Selasa (7/6/2016).

Usianya yang sudah tua, membuat tulisan dan lembaran mushaf yang terbuat dari kulit hewan itu sudah tidak sempurna lagi. Kalimat Surat dalam al-Quran itu sudah mulai pudar, sementara kondisi mushaf itu di beberapa lembaran sebagian sisinya sudah robek.

Alquran tersebut ditemukan di Kecamatan Cipunegara. Tinta untuk menulis ayat Alquran dibuat dari getah pohon yang diawetkan dengan minyak setelah dibungkus kain. Namun, susunan surah pada Alquran itu tidak sama dengan mushaf lainnya yang dimulai dari Alfatihah dan diakhiri dengan surah Annas.

Meski tidak ada catatan pasti mengenai siapa pembuat dan makna susunan surah-surah dalam Alquran tersebut, diduga sejumlah surah tersebut rutin dibaca untuk acara tertentu.

Alquran tersebut menjadi salah satu koleksi museum milik Pemerintah Kabupaten Subang yang ditempatkan bersama benda-benda peninggalan Kerajaan Mataram lainnya

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jalan Berlubang di Pamanukan Subang Dipasangi Pagar Bambu https://t.co/rZrbQNb6S5
Takut Disuntik Vaksin, Anggota Polres Subang Keluar Keringat Dingin https://t.co/e0X13KdG6a
Atlit Karate Tradisional Majalengka Borong 7 Medali di Ajang Czech Open Karate Cup https://t.co/Y0Z1fUugwP
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter