FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hukum Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadan

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Ziarah kubur menjelang bulan Ramadhan menjadi pemandangan yang biasa bagi Muslim di Indonesia. Setiap tempat pemakaman umum (TPU) di kota dan di desa penuh orang berziarah kubur kepada keluarga kolega yang telah tiada.

Benarkah ziarah kubur menjelang Ramadhan itu bid'ah alias tidak ada tuntunannya dari Baginda Nabi Muhammad SAW? Dewan Asatidz Pesantren Mahasiswa Ihya Qalbun Sal Jakarta Ustadz Ahmad Zarkasih Lc. memastikan ziarah kubur menjelang Ramadhan yang dilakukan kebanyakan Muslim Indonesia itu bukan sesuatu yang terlarang, bukan sesuatu yang bid'ah.

BERITA LAINNYA
Amalan Rasulullah Menyambut Bulan Ramadan
Bacaan Doa Menyambut Ramadan Berikut Terjemahnya
Tarhib Ramadan, Gubernur Jabar Ajak Muliakan Orang Tua


"Ziarah kubur yang di dilakukan menjelang Ramadhan bukan ibadah yang mengada-ngada justru ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW," kata Ustadz Ahmad Zarkasih

Apa yang dilakukan sebagian umat Islam Indonesia, ziarah kubur menjelang Ramadhan itu ada tuntunannya dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits yang masyhur sekali Nabi SAW bersabda.

"Dahulu, aku pernah melarang kalian berziarah kubur, tapi saat ini berziarahlah kalian karena itu mengingatkan kalian kepada kematian." ( HR. Muslim).

Jadi kata Ustadz Ahmad Zarkasih ziarah kubur itu pada hakikatnya untuk mengingatkan kita semua yang hidup kepada kematian. Dan sekaligus mengingatkan saat hidup jangan angkuh dan sombong atas apa yang dimiliki dan dikuasi di dunia ini.

"Ketika ziarah kubur ke kuburan kita ingat dia, inikan dulu kuburan Jenderal yang dulu jabatannya tinggi posisinya strategis ditakuti banyak orang disegani banyak lawan kalau dia lewat orang pada cium tangan. Akan tetapi lihat dia sekarang tidak berdaya, jadi ziarah ini mengingatkan kita mati supaya kita jangan sombong," katanya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Menag Imbau Masyarakat Sholat Idul Fitri di Rumah Saja https://t.co/VQyKgMKsqS
Ramadan Berkah, Dua Politisi Jempolan Hijrah ke PPP Subang https://t.co/G4umuTJBzU
Hari Pertama Penyekatan, Polisi Putar Balik Puluhan Kendaraan di Karawang https://t.co/l6Dr2KicQ2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter