FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Amalan Rasulullah Menyambut Bulan Ramadan

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Tidak lama lagi, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang istimewa, begitu pun di sisi Nabi Muhammad. Karena bulan yang istimewa, Nabi Muhammad menyiapkan diri dalam menyambut Ramadhan dengan sejumlah amalan ibadah.

Dilansir di About Islam, Nabi Muhammad SAW menjelang Ramadhan kerap berpuasa selama bulan Sya'ban, bulan sebelum Ramadhan dalam kalender Islam. Nabi juga mendorong umat Islam di sekitarnya meningkatkan ibadah sebelum Ramadhan benar-benar tiba.

Rasulullah diriwayatkan kerap melakukan amalan ibadah sunnah yang bernilai kebajikan dalam menyambut Ramadhan. Tak lupa, beliau juga kerap memotivasi umat Islam di sekelilingnya menyambut Ramadhan dengan sukacita dengan menjalani ibadah.


BERITA LAINNYA
Hukum Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadan
Bacaan Doa Menyambut Ramadan Berikut Terjemahnya
Tarhib Ramadan, Gubernur Jabar Ajak Muliakan Orang Tua


Setidaknya, Nabi Muhammad SAW memiliki tiga strategi untuk mempersiapkan Ramadhan. Pertama, persiapan praktis seperti berpuasa dengan ikhlas.

Kedua, meminta keberkahan kepada Allah melalui doa. Ketiga, menasihati, memotivasi, dan mengingatkan orang-orang di sekitarnya tentang kedatangan Ramadhan. Beliau juga mendorong mereka melakukan perbuatan baik di dalamnya.

Puasa sunnah selama Sya'ban dilakukan Nabi Muhammad pada masa lalu sebagaimana yang terekam dalam hadis shahih. Hadits tersebut berbunyi: "Dari Usamah bin Zaid, dia berkata: Saya berkata: Wahai Rasulullah, saya tidak melihat Anda berpuasa dalam sebulan layaknya engkau lakukan di bulan Sya'ban."

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Menag Imbau Masyarakat Sholat Idul Fitri di Rumah Saja https://t.co/VQyKgMKsqS
Ramadan Berkah, Dua Politisi Jempolan Hijrah ke PPP Subang https://t.co/G4umuTJBzU
Hari Pertama Penyekatan, Polisi Putar Balik Puluhan Kendaraan di Karawang https://t.co/l6Dr2KicQ2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter