FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ini Panduan Ibadah Sholat Idul Adha dan Qurban di Tengah Pandemi Covid-19

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Idul Adha 1442 H/2021 M masih akan berlangsung di tengah pandemi. Sementara, Covid-19 di Indonesia saat ini sedang melonjak tinggi ditambah munculnya ancaman dari varian baru.

Agar umat Islam aman dalam menjalankan ibadah, Kementerian Agama menerbitkan panduan ibadah Idul Adha. Panduan itu dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Sholat Idul Adha 1442 H/2021 M dan Pelaksanaan Qurban di Masa Pandemi Covid-19.

" Untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam di tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali dan munculnya varian baru, perlu dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam penyelenggaraan Sholat Idul Adha dan pelaksanaan qurban 1442 H," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Yaqut mengatakan edaran ini untuk panduan dalam pencegahan, pengendalian, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dia meminta seluruh pejabat Kemenag dari pusat hingga kabupaten/kota melakukan pemantauan akan pelaksanaan edaran ini di lapangan.

" Ini diterapkan dalam rangka melindungi masyarakat," kata Gus Yaqut.

Berikut isi lengkap Panduan Ibadah Sholat Idul Adha dan Qurban di Tengah Pandemi Covid-19 yang dikutip dari dream.co.id

Panduan Takbiran

1. Malam Takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid/mushola, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dilaksanakan secara terbatas, paling banyak 10 persen dari kapasitas masjid/mushola, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

b. Kegiatan Takbir Keliling dilarang untuk mengantisipasi keramaian atau kerumunan.

c. Kegiatan Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid/mushola sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid/mushola.

2. Sholat Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushola pada daerah Zona Merah dan Oranye ditiadakan;

3. Sholat Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1442 H/2021 M dapat diadakan di lapangan terbuka atau di masjid/mushola hanya di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 atau di luar zona merah dan oranye, berdasarkan penetapan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat;

Panduan Sholat Idul Adha dan Berqurban...



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gasak 20 Unit Motor, Polres Purwakarta Bekuk Bandit Curamor https://t.co/IevxUq2vuD
Sebelum Menikah, Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Tidak Menyesal https://t.co/YIkcrDUTC2
Gantikan Kantong Plastik, Siswa di Purwakarta Galakan Kanjut Kundang https://t.co/O5nDpsIiUW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter