FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Drama Korea sebagai Budaya Populer di Tengah Pandemi

Indeks Artikel



Ilustrasi. Download Drama Korea (Drakor) Angel's Last Mission Love Subtitle Bahasa Indonesia (dianiopiari.com)

Tak terasa setahun lebih pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Selama itu pula, masyarakat di Indonesia hingga sampai saat ini sangat terbatas dalam melakukan berbagai kegiatan, terutama di luar ruangan. Mulai dari kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kampus, hingga bekerja dilakukan secara virtual.

Semakin banyak kasus positif Covid-19 di berbagai Negara di dunia juga membuat banyak Negara memberlakukan lockdown. Berbagai daerah di Indonesia juga melakukan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam rangka mengurangi angka penyebaran Covid-19. Kebijakan ini membuat masyarakat diharuskan untuk semakin meminimalisir kegiatan di luar ruangan.  

Produktivitas masyarakat hampir semuanya dilakukan secara daring, virtual dan dari kejauhan. Sehingga, pandemi Covid-19 ini membuat produktivitas masyarakat menjadi tergeser ke dunia maya yang tentunya memiliki dampak ke berbagai sektor industri. Mereka melakukan berbagai kegiatan dari rumah, seperti belajar, bekerja, berdoa hingga memperoleh hiburan dilakukan secara virtual.

Bioskop ditutup dan tidak ada restoran untuk bersantap, membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak hidup mereka secara online. Hal ini tentunya mendorong mereka untuk mencari hiburan pribadi alternatif setelah belajar atau bekerja secara daring. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menonton drama Korea.
Seperti dilansir dari asiantoday, menurut Suryanto (2020) operator Indonesia mencatat, sejak penerapan PSBB, data aktivitas streaming masyarakat meningkat sangat tinggi sebesar 193 persen. Peningkatan ini dibuktikan dengan penggunaan aplikasi streaming film, seperti Netflix, Viu, dan lainnya yang didominasi oleh pencarian film dari Korea.

Serial drama korea tentunya sudah lama masuk ke Indonesia. Pada tahun 2000, drama korea berjudul Endless Love dengan genre romansa menjadi drama pertama yang ditayangkan di Indonesia. Menyusul drama korea lainnya berjudul Winter Sonata, Full House, Princess Hours, dan Boys Before Flowes yang sudah ditayangkan lebih dari dua kali di pertelevisian Indonesia hingga saat ini.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Permintaan Maaf Yahya Waloni Kepada Umat Nasrani, "Maaf Atas Khilaf dan Salah Saya" https://t.co/cvKA1ppbdl
Ingin Menyembunyikan Obrolan di WhatsApp Web? Begini Caranya https://t.co/Xstf65NMNk
Bentrok 2 Ormas di Perbatasan Cianjur - Sukabumi, Keluarga Korban Ungkap Kronologi Kejadian https://t.co/XAen1VSFqr
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter