Catat! Ini Puluhan Applikasi Berbahaya di Google Play

Google Play merupakan toko aplikasi seluler terbesar dan terpopuler di dunia yang diinstal secara default di hampir semua smartphone Android.

Jumlah penggunanya dihitung dalam miliaran sehingga menjadikannya sebagai target bagi penjahat siber. Sayangnya, Google tidak dikenal karena keamanan terbaik. Karena itu, secara teratur sejumlah peneliti memberi tahu Anda tentang aplikasi jahat terbaru yang telah ditemukan di Google Play Store.

Dilansir dari Giz China, hari ini mereka kembali mengangkat tulisan tentang virus terbaru yang ditemukan di Google Play. Lebih buruk lagi, jumlahnya melebihi 50 temuan dan secara total mereka diunduh lebih dari satu juta kali.

Meskipun banyak upaya dilakukan Google untuk mengamankan toko aplikasinya, mereka tidak bisa 100% menjauhkan pengembang malware
dari tokonya. Perusahaan ini menerapkan pengamanan yang lebih baru dan lebih baru, tapi pengembang tampaknya selalu selangkah lebih maju dari insinyur Google.

Laporan terkonfirmasi terbaru dari Check Point Research membenarkan ini. Sekadar informasi, mereka telah menangani keamanan siber selama bertahun-tahun.

Baru-baru ini Check Point Research berhasil menemukan 56 aplikasi adware berbahaya yang disebut "Tekya" di Google Play. Puluhan aplikasi berbahaya itu melewati keamanan sistem Google Play Protect tanpa banyak masalah.

Tindakan mereka diubah untuk meniru klik pada iklan yang menghasilkan banyak pendapatan. Aplikasi yang dijelaskan menyamar sebagai berbagai alat, mulai kalkulator hingga aplikasi penerjemah. Daftar lengkap aplikasi berbahaya "Tekya" yang terdeteksi oleh Check Point Research adalah sebagai berikut:



Tidak dapat disembunyikan bahwa daftarnya sangat besar. Masih ada beberapa aplikasi yang tak tercatat. Namun, kabar baiknya semua aplikasi di atas telah dihapus dari Google Play.Tentu saja, ini tidak berarti bahwa aplikasi malware juga telah menghilang dari ponsel cerdas Anda, jadi jika Anda memasang aplikasi apa pun dari daftar, singkirkan secepat mungkin dari sekarang.

Sumber: SINDOnews

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ratusan Botol Miras Disita di Subang Kota pada Malam Takbiran https://t.co/E7hxdUfJVn
Hari Lebaran, Jumlah Positif Covid-19 di Purwakarta Bertambah 1 Orang https://t.co/cW1BNBZpgD
Sempat Ditolak Bidan, Ibu di Subang ini Lahiran di Jalan Jelang Sholat Idul Fitri https://t.co/eEtp53QKiV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter