FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Aminin, Aplikasi untuk Belajar Ngaji di Ponsel



Selain bahasa, lewat smartphone kita bisa belajar mengaji. Cukup banyak aplikasi yang siap mengasah kemampuan membaca sekaligus memahami isi Al-Qur'an, salah satunya Aminin.

Aplikasi ini merupakan buatan Bahaso Intermedia Cakrawala. Ya mereka adalah developer di balik aplikasi belajar bahasa Bahaso.

Aminin tersedia gratis di Android dan iOS. Tapi menarik nggak sih aplikasi ini, berikut ulasan singkatnya.

Usai menginstalnya, akan ada permintaan akses lokasi, kamera dan mikrofon. Setelahnya muncul pilihan Masuk atau Registrasi.

BACA JUGA:
4 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Raih Pahala Lailatul Qadar
Sempat Heboh Aplikasi Raqib Atid untuk Android, Kini Hilang dari PlayStore
Aplikasi Facebook Discover Tawarkan Internet Gratis di Sejumlah Negera
Ngabuburit Asyik Bareng 5 Aplikasi Smartphone Ini


Bila kamu sudah pernah menggunakan Bahaso, masukan saja akun tersebut di aplikasi ini. Selanjutnya aplikasi akan mengirimkan kode OTP. Kamu bisa memilih dikirim lewat SMS atau email.

Kembali ke layar utamanya, aplikasi ini punya dompet digital bernama AminPay. Namun untuk saat ini opsi pembayaran yang tersedia hanya lewat App Store dan Play Store.

Di bagian bawah AminPay, ada empat ikon utama. Ikon pertama Al-Qur'an, yang apabila diklik akan membuka Al-Qur'an digital.

Sungguh mata dibuat manja dengan desainnya. Surat dibuat kartu warna-warni yang sangat indah dan memikat hati. Bikin menggugah semangat untuk membaca Al-Qur'an.

Di bagian bawah setiap kartu ayat terdapat ikon tombol play. Bila ditekan kita akan mendengar lantunan ayat yang dibacakan oleh qori.

Untuk mengakses isi ayatnya sendiri, kamu cukup menekan kartu. Ayat ditampilkan begitu simpel dan bersih, enak dipandangnya. Kamu bisa swipe kanan dan kiri untuk berpindah ayat.

 

AmininMenu Al-Quran Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

 

Sayangnya saat ini tidak tersedia opsi untuk memperbesar ukuran, karena tulisan yang ada saat ini terlihat cukup kecil. Dan bila boleh mengusulkan boleh ditambahkan warna tajwid untuk memudahkan pengguna.

Ketika kamu menekan pada setiap ayat, akan muncul terjemahan dan tafsirnya. Jadi kamu tidak sekadar membaca dan mengetahui artinya, tapi makin memahami makna di balik setiap ayat.

Saat kamu menekan agak sedikit lama pada setiap ayat akan menu di bagian bawah. Tekan tombol play untuk mendengarkan bagaimana ayat tersebut dibaca.

Ada tombol share untuk membagikan ayat tersebut di WhatsApp atau media sosial. Serta ada ikon untuk menandai ayat dan bookmark.

AmininLatih Al-Quran tingkat pemula. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

Balik ke menu utama, selanjutnya Latih Al-Qur'an. Ada dua opsi yang disediakan, yakni Pemula dan Mahir.

Bila menekan Pemula, kita akan belajar dari pengenalan huruf hijaiyah dan tanda baca. Aminin menyiapkan tiga level uji kemampuan.

Saat menekan Mahir, kita akan diajak membaca dan memahami Al-Qur'an. Agar lebih menantang akan ada tes singkat. Konten ini dibutuhkan 'energi' yang bila habis kamu harus membelinya.

AmininLatih Qur'an tingkat Mahir. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

Dua ikon di menu utama aplikasi Amini ada Diskusi dan AMINTivi. Keduanya belum bisa diakses, ada keterangan dua opsi ini akan segera hadir.

Aplikasi Aminin ini dihiasi dengan Renungan Harian yang dengan tiga topik yang telah dipilih pengguna. Di bagian bawah ada menu Beranda, Blog, Pesan dan Akun.

Renungan harian. Renungan harian. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

Nah bila kamu ingin belajar mengaji, atau membaca sekaligus lebih mamahami Al-Qur'an dengan tampilan yang sedap dipandang mata sekaligus memikat hati, cobalah aplikasi Aminin.

Sumber: detikINET

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cegah Penyebaran Covid-19, Prajurit Kodim Majalengka Rutin Edukasi Masyarakat https://t.co/g8EIIxZuSp
Dua Bocah Terbawa Arus Sungai Muara Ciasem Blanakan, Subang. Satu Orang Berhasil Diselamatkan https://t.co/EvldmgmQQT
Puncak Peringatan HUT Ke-75 RI di Indramayu Dilaksanakan Secara Virtual https://t.co/ms34mLSQQ8
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter