FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Begini Caranya Agar WhatsApp Tidak Mudah Dibajak Orang Jahat

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan populer yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone, karena itu, aplikasi ini seringkali dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk digunakan menipu orang lain, salah satu caranya ialah dengan membajak akun WhatsApp milik orang lain kemudian diambil alih oleh orang jahat.

Pengguna WhatsApp mulai merasa tak nyaman dengan banyaknya kasus pembajakan aplikasi WhatsApp yang digunakan penjahat cyber untuk melakukan penipuan.

Sebenarnya ada beberapa fitur keamanan yang ada di aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan untuk menambahkan keamanan privacy. Fitur ini juga bisa mencegah agar aplikasi WhatsApp anda tidak bisa digandakan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan.

Berikut tips agar akun WhatsApp anda terjaga dari pembajakan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Ubah Pengaturan Privasi

Foto profil yang ada di WhatsApp paling banyak digunakan penipu untuk melancarkan aksinya. Biasanya penipu mengambil foto profil untuk meyakin kobannya agar aksinya lancar.

Agar foto profil kamu tidak bisa diunduh orang asing, kamu bisa melakukan penaturan dengan tap tiga titik yang ada di sudut kanan atas. Lalu buka Pengaturan WhatsApp> Akun> Privasi dan kemudian pilih opsi yang diinginkan. Dengan begitu, orang asing atau yang tak ada di kontak kamu tidak bisa melihat foto profil kamu.

2. Lakukan Verifikasi Dua Langkah




Untuk menambah keamanan, WhatsApp menyediakan fitur tambahan yakni verifikasi dua langkah. Kamu hanya perlu menambahkan koe PIN yang terdiri dari enam digit agar akun anda tidak dapat diakses oleh pengguna di luar kontak Anda.

Verifikasi dua langkah dapat diaktifkan di fitur pengaturan. Klik pengaturan>Akun>Verifikasi dua langkah>aktifkan. Jika khawatir kamu lupa dengan PIN, kamu bisa menambahkan alamat email untuk berjaga-jaga.

3. Kunci Akun WhatsApp

Dalam fitur WhatsApp juga disediakan lock sdik jari pengguna. Ini untuk mencegah agar orang lain tidak bisa mengakses obrolan WhatsApp Anda meskipun orang itu memegang ponsel Anda dalam keadaan tidak terkunci.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, buka WhatsApp > Pengaturan> Akun> Privasi. Setelah tab privasi dibuka, scroll ke bawah dan tap kunci sidik jari. Kamu juga dapat menyesuaikan waktu layar kunci dan mengaktifkan 'tampilkan pemberitahuan konten'.

4. Lakukan Pembaruan keamanan penautan perangkat

Aplikasi WhatsApp juga bisa diakses melaui komputer atau lapton kamu. Cara menautkannya juga mudah, pengguna cukup memindai kode QR ke dekstop, pemberitahuan muncul di ponsel cerdas setiap kali masuk Web WhastApp.

Ini sangat membantu untuk mengamankan akun dari peretasan karena kamu dapat dengan mudah memutuskan tautan perangkat dari ponsel kamu jika melihat ada aktivitas masuk yang tidak diketahui.

5. Laporkan spam

Penjahat cyber biasanya melakukan berbagai cara untuk bisa menguasai akun WhatsApp anda. Salah satu yang dilakukan dengan berpura-pura sebagai kasir minimarket yang salah memasukan nomor pulsa. Atau ada banyak cara yag dilakukan para penipu ini.

Untuk amannya, setiap kali menemrima pesan teks dari orang tak dikenal, pemilik akun akan diberi opsi untuk melaporkannya. Untuk melaporkan masalah keamanan atau privasi tertentu, buka Pengaturan> Tentang dan bantuan> Hubungi kami.

Buka WhatsApp> Ketuk dan buka informasi profil individu atau grup yang ingin Anda laporkan lalu scroll ke bawah dan klik opsi Laporkan Spam.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kisah Pendaki yang Hilang 2 hari Di Gunung Geulis Akhirnya Berhasil DItemukan di Daerah Angker https://t.co/we7XxI1zXW
Catat!, Begini Cara Mengenali dan Mencegah Smartphone Terkena Aplikasi Jahat https://t.co/ZJUtM0yOgI
Ikatan Cinta Sabtu 12 Juni 2021: Pak Surya Selidiki Masalah Andin dan Elsa https://t.co/V9pa4MZZDw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter