FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ada Bintang Berkedip di Atasa Sana, Begini Jawaban Para Ahli



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Para astronomo menemukan adanya bintang yang 'berkedip-kedip' di tataran Galaksi Bima Sakti, fenomena ini dianggap aneh lantaran jarang terjadi dan jarak bintang itu sekitar 25ribu tahun cahaya dari plante Bumi.

Seperti dikutip dari laman detikINET, bintang yang dinamakan sebagai VVV-WIT-08 ini sering berkedip sampai-sampai sering hilang dari deteksi astronom.

Memang bukan hal langka kecemerlangan bintang dapat berubah-ubah. Akan tetapi sangatlah langka sebuah bintang meredup dan kemudian terang terus menerus. Ilmuwan pun yakin bintang ini adalah jenis baru, sistem bintang berkedip raksasa biner.

BACA JUGA:
NASA: Matahari Akan Tebit di Barat, Ternyata Ini Faktanya!
Hindari Pemanasan Global, Bill Gates Akan "Tutup Matahari" Menggunakan Ini
China Berhasil Bikin Matahari Buatan

Ia kemungkinan adalah bintang raksasa berukuran ratusan kali dari Matahari dan berkedip karena ada bintang atau planet lain di dekatnya. Obyek yang belum terlihat ini kemungkinan punya material yang menyelimuti bintang itu sehingga ia berkedip.

Pusat Galaksi Bima Sakti sendiri merupakan area yang padat, penghuninya diyakini antara lain Lubang Hitam raksasa, klaster super bintang, gas dan lain sebagainya.

"Terkadang kami menemukan bintang yang tidak cocok dengan kategori yang sudah ada, sehingga kami menyebutnya sebagai 'obyek apa ini'. Kami sungguh tidak tahu bagaimana terjadinya bintang berkedip raksasa itu," cetus Philip Lucas, profesor di University of Hertfordshire dan salah satu perisetnya.

Dalam penelitian selanjutnya, para ilmuwan akan mencoba mencari bintang berkedip sejenis di alam semesta untuk penelitian lebih lanjut. Selain itu, mereka akan berupaya menentukan obyek apa yang membuat bintang VVV-WIT-08 berkedip.

"Pasti masih ada yang akan ditemukan lagi, namun tantangannya sekarang adalah menentukan apa obyek tersembunyi itu dan bagaimana bisa mempengaruhi si bintang, meskipun orbitnya sangat jauh dari bintang raksasa tersebut," ujar Leigh Smith, peneliti dari University of Cambridge.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.







TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Oknum PNS Jualan Hasil Swab PCR Palsu, Ditawarkan Hingga Rp1,5 Juta https://t.co/GYk8Wq56rG
Ahli Gizi Buka Suara Soal Air Rebusan Mie Instan https://t.co/haymzyu6uH
Walau Jadi Lawan, Ternyata Lee Mengidolakan Mohammad Ahsan https://t.co/1sfgN5xGgc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter