FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kompetisi Liga 1 Bakal Dilanjutkan Bulan September, Ini Alasannya

Usulan kompetisi Liga 1 bakal dilanjutkan pada bulan September berawal dari perhatian PSSI pada timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

PSSI baru saja menggelar rapat virtual dengan perwakilan dari Liga 1 untuk membahas kelanjutan dari nasib kompetisi.

Dalam rapat yang digelar Selasa (2/6/2020), PSSI memberikan opsi-opsi yang memungkinkan untuk kompetisi Liga 1 2020 bisa digelar lagi.

Pada dasarnya rapat tersebut belum menghasilkan keputusan akhir apakah kompetisi dilanjutkan atau tidak.

BACA JUGA:
Robert Alberts: Kondisi Fisik Pemain Persib Tidak Ada Masalah Pasca Lebaran
Tidak Hanya Motor, Balap Mobil Formula E Juga Adakan 'Race at Home Challenge'
5 Pemain yang Jadi Legenda di Persib Bandung
Dampak Korona, Peserta dari 16 Negara Batal Ikut Trail Run di Subang

Keputusan final bakal ditetapkan setelah rapat bersama Komite Eksekutif (Exco) PSSI nanti malam.

Rapat PSSI bersama klub Liga 1 tadinya memunculkan banyak masukan untuk kelanjutan kompetisi.

Arema FC, yang diwakili oleh manajer tim, Ruddy Widodo, mengatakan bahwa PSSI tadi memberikan usulan adanya program bahwa Liga 1 bisa dilanjutkan.

Namun, Arema FC mengatakan bahwa saat ini PSSI lebih fokus pada timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Kepentingan persiapan timnas Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021 menjadi pertimbangan utama kenapa ada usulan kompetisi dilanjutkan pada September atau Oktober ini.

“PSSI punya usulan liga dilanjutkan dengan mempertimbangkan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal itu tidak mudah, jadi ada pertimbangan itu,” kata Ruddy Widodo Kepada BolaSport.com.

“Tentu saja dari beberapa klub ada yang setuju dan ada juga yang tidak kalau Liga 1 dilanjutkan bulan September. Ada juga yang mengajukan Oktober, tetapi kalau Arema setuju September,” ujar Ruddy.

Pertimbangan yang terpenting menurut Ruddy, nantinya jika kompetisi kembali berjalan, bakal ada tambahan subsidi Rp800 juta untuk klub.

“Dengan beberapa pertimbangan, ada tambahan subsidi nanti sebesar Rp800 juta,” ucapnya.

Menurutnya, PSSI fokus kepada timnas karena dengan adanya kompetisi, pemain tidak perlu menjalani pemusatan latihan (TC) jangka panjang dan pemain lebih banyak mendapatkan pengalaman bertanding.

"Coach Indra Sjafri tadi juga menjelaskan bahwa untuk timnas tidak ada TC jangka panjang. Jadi, kalau tidak ada kompetisi bagaimana buat anak-anak? Coach Indra menyarankan untuk kompetisi diputar lagi," tutur Ruddy.

Tak berbeda jauh dari Arema FC, CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, membenarkan bahwa memang PSSI saat ini lebih fokus untuk persiapan timnas Indonesia yang akan bermain di Piala Dunia U-20.

“Ketum PSSI concern pada timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20. Karenanya ada usulan kompetisi dilanjutkan dari pekan ke-4 pada bulan September atau Oktober,” kata Munafri.

Namun, jika memang kompetisi bakal kembali dilanjutkan, PSM mengharapkan agar PSSI bisa mengambil keputusan dengan cermat.

“Menurut PSM sendiri, semua aspek harus dipikirkan karena sepak bola sendiri sudah menjadi industri, begitu juga di Indonesia. Keputusan yang muncul harus benar-benar dibuat dengan cermat supaya tidak ada konsekuensi yang muncul begitu keputusan sudah diambil,” tuturnya.

Sumber: BolaSport | Foto: Ilustrasi Logo PSSI

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bhabinkamtibmas di Majalengka Modiv Motor Dinas Jadi Mesin Pemadam Kebakaran https://t.co/YBHo4QqUEh
Positif Covid-19 dan PDP di Purwakarta Bertambah https://t.co/tQTmGzkEUq
Hadiri Rakor PP, Sekda Subang Ajak Amalkan Nilai Pancasila dalam Kehidupan https://t.co/geoahirTFo
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter