FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Lewat JAPRI, Pemprov Jabar Ajak Masyarakat Kelola Sampah Lewat Aplikasi

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mewujudkan pengelolaan sampah berbasis digital menuju Jabar Juara. Program tersebut bekerja sama dengan aplikasi Octopus, penjemputan sampah dalam jaringan (daring) yang langsung ke rumah-rumah warga seperti layanan transportasi daring yang sudah ada.

Pada tahap pertama, aplikasi tersebut hanya akan menjemput sampah botol plastik putih bening seperti kemasan air minum ternama. Sampah plastik tersebut nanti akan didaur ulang oleh pabrik yang ada di kawasan Bandung Barat yang saat ini juga mengelola sampah plastik dari Bali dan juga Makassar. Selain itu, pada tahap pertama ini, aplikasi hanya dapat diakses di Kota Bandung saja.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun menargetkan dalam enam bulan kedepan aplikasi tersebut dapat melayani 26 kota kabupaten lainnya.

BACA JUGA: Jabar Siapkan 2.500 Ruang Isolasi di Tingkat Desa

“Kita memulai penyempurnaan proses lingkaran ekonomi yang sempurna di mana sampah kita jadikan barang berguna dan teknologi canggihnya sudah ada di Padalarang di Jawa Barat sehingga nanti sampah plastik yang biasa dipakai untuk minuman mineral akan kembali menjadi botol yang sempurna oleh sistem ini,” kata dia dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 5 Mei 2021.

Dalam perjalannya, lanjut dia, yang membuat dia terharu yaitu program jemput sampah plastik tersebut bisa mensejahterakan para pemulung dengan aplikasi tersebut. Kaum rebahan yang butuh pendapatan sekarang bisa menjadi pengepul benda-benda yang bisa di recycle.

"Silakan bergabung dengan sistem digital yang namanya Octopus sehingga kita menjaga lingkungan dan ada nilai ekonominya.” ujar dia.

Menurut dia, Jawa Barat melaksanakan program tersebut demi mengurangi sampah plasti ke laut. Untuk diketahui Indonesia menjadi penyumbang kedua limbah plastik ke lautan.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kisah Pendaki yang Hilang 2 hari Di Gunung Geulis Akhirnya Berhasil DItemukan di Daerah Angker https://t.co/we7XxI1zXW
Catat!, Begini Cara Mengenali dan Mencegah Smartphone Terkena Aplikasi Jahat https://t.co/ZJUtM0yOgI
Ikatan Cinta Sabtu 12 Juni 2021: Pak Surya Selidiki Masalah Andin dan Elsa https://t.co/V9pa4MZZDw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter