FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Dinas LH Subang Akan Gandeng Swasta untuk Pengolahan Sampah



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Dinas Lingkungan Hidup Subang akan menggandeng pihak keiga dalm penanganan dan pengolahan sampah untuk direduksi di TPA Jalupang

Kepala Dinas LH Subang Rona Mairiansyah mengatakan, pihknya sedang berupaya untuk menghadirkan investor terkait pengolahan sampah. Bukan perkara produk dari pengolahannya, tapi mereduksi sampah lebih maksimal sehingga tidak menjadi beban di TPA.

"Kita sedang berupaya keras untuk menghadirkan investor untuk pengolahan sampah. bukan outputnya yang diharapkan, misalnya untuk ini itu, tapi yang lebih utama itu adalah mereduksi sampah itu secara maksimal," kata Rona.

"Seberapapun luasnya TPA, kalo tidak dihancurkan atau direduksi oleh alat, tetap saja akan menjadi masalah ke depannya. Disamping saat ini sedang dilakukan pembuatan sanitasi landfill," imbuhnya.

Untuk mendatangkan investor, pihak Dinas LH sudah mengundang beberapa investor. Namun, pada akhirnya, pertemuan tersebut, berkesimpulan perlu adanya feedback yang diterima pihak ketiga dari pengolahan sampah.

Menurut Rona, dari perhitungan pihak investor, pemasukan yang diterima jika hanya mengandalkan dari pengolahan sampah, diprediksi tidak akan menutup 'modal'. Mengingat, peralatan yang disiapkan buutuh dana tidak kecil, sementara hasil dari produknya tidak lebih besar.

Alternatifnya, mereka mengininkan adanya tipying fee seperti yang sudah diterapkan di sejumlah daerah, yaitu dengan menghitung setipa ton sampah yang dikelola.

"Investor yang kita undang kesini, ternyata memang ada harapan typing fee. Dan saya sudah sampaikan kepada Pak Bupati, pada prinsipnya beliau setuju. cuma tinggal menunggu keputusan anggaran saja. Saya sudah rancang usulan di anggaran 2022," pungkasnya.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pelaku Penembakan Misterius di Bintaro Terungkap, Ternyata Anggota Polda Metro Jaya https://t.co/i40Ut9MkuI
Majalangka Jadi Daerah Tertinggi Kasus COVID-19 di Wilayah Ciayumajakuning https://t.co/5OBJUYyIHX
Realme Rilis Dua Smartphone Anyar di Penghujung Tahun 2021 https://t.co/9xPQ3bNWOe
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter