FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

BJB dan Paskomnas Gandeng Pemkab Subang Optimalkan UMKM dan Pertanian



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Pimpinan Divisi UMKM BJB Pusat dan Direktur Utama Pasar Komoditas Nasional (Paskomas) melakukan kunjungan ke Bupati Subang, Senin (23/8/2021)

Pertemuan ini dalam rangka menindaklanjuti Program Pola Kemitraan dalam mendukung pengembangan UMKM dan optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam dan Pertanian Kabupaten Subang.

Program ini akan membantu para petani Subang mendapatkan akses permodalan serta pemasaran dari hasil panen komoditas pangan yang dihasilkan para petani yang salah satunya akan diakomodir oleh Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan jaringan Pasar Induk.

Direktur Pasar Komoditi Nasional, Hartono merespon cepat bergulirnya program tersebut. Dia mengatakan pihaknya mendorong segera terjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian serta Pemerintah Daerah Kabupaten Subang

"Kami melihat adanya itikad baik yang berasal dari Bupati Subang yang ingin memberikan kesejahteraan masyarakatnya melalui berbagai potensi Alam dan Pertanian yang dimiliki Kabupaten Subang,' terang Hartono.

Dengan kerjasama ini, dia menjelaskan dapat mendorong sebuah kerjasama yang baik antar sektor yang saling bersinergi sehingga bisa menerapkan sebuah sistem pertanian plasma inti di Kabupaten Subang.

"Walau masyarakat bertani dengan baik tapi kalo tidak bisa memasarkan akan sulit maka harus bekerja sama dan para petani bisa mengikuti arahan" ujar Hartono

Sementara Divisi UMKM Denny Mulyadi mengatakan pihaknya telah berkunjungan ke pusat ketahanan pangan Bukit Nyomot Subang. Dia bersama jajarannya langsung merumuskan dan merencanakan terkait realisasi program bantuan stimulus keuangan untuk para petani demi mewujudkan gagasan Bupati Subang.

"Para offtaker menyambut baik gagasan dan rencana Kang Jimat dalam mengembangkan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Subang, salah satu yang merespon cepat hal tersebut adalah dari pihak Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas). Para offtaker siap mewujudkan visi pak Bupati kami siap terkait pembiayaan" Ujar Denny

Bupati Subang Ruhimat mengungkapkan apresiasinya kepada bank BJB serta pihak Paskomnas yang telah merespon cepat dalam mewujudkan pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Subang.

Dia menegaskan pertemuan saat ini untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya terkait pemanfaatan lahan tidur milik perhutani dan pemberdayaan potensi Sumber Daya Manusia pertanian yang ada di Kabupaten Subang.

"Saya ingin buruh tani menikmati potensi lahan yang cukup besar, sangat disayangkan jika subang hanya menjadi konsumen bukan menjadi produsen" ujar Ruhimat

Ruhimat berharap agar potensi lahan yang masih terbengkalai agar dimanfaatkan untuk pertanian ataupun perkebunan yang salah satunya untuk produksi buah dan sayur. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi yang baik antara pihak perbankan dengan petani maupun para oftaker.

"Mari kita susun agar tidak sekedar jadi wacana, Saya ingin ada kesungguhan yg maksimal supaya betul-betul bisa dijalankan bagaimanapun supaya berhasil karena SDA dan SDM tersedia sangat memungkinkan" paparnya

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Dalam 10 Bulan, Pemkab Purwakarta Bertabur Penghargaan https://t.co/CIclG8woX6
Tempati Lahan 15 Hektarem Pesantren Tahfidz - Agrobisnis Bakal Hadir di Desa Cisampih, Subang https://t.co/kpXmNeOuiK
Alami Kenaikan, Penerimaan ZIS di Baznas Subang Capai Rp2.3 Miliar https://t.co/xTKRixDMbG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter