FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Diklaim Habis Masa HGU, Bupati Subang Intruksikan GTRA Inventarisasi Lahan Milik PTPN VII

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM -  Bupati Subang Ruhimat menegaskan hak guna usaha (HGU) yang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara VII telah habis masa berlakunya sejak tahun 2002.

Karenanya, dia meminta Gugus Tugas Reforma Agraria untuk menginventarisasi dan mendata lahan yang dimaksud guna untuk mengurangi ketimpangan penguasan, dan kepemilikan yang berkeadilan bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Subang.

Hal ini disampaikan Bupati saat membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kantor Pertanahan Kabupaten Subang di Sawalatilu meeting room Fave Hotel, Rabu (15/9/2021) lewat rilis dari Bagian Porkopim Subang

Ruhimat mengatakan bahwa hak guna usaha yang dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara VII telah habis masa berlakunya sejak tahun 2002. Dengan demikian, jelasnya, ini menjadi peluang Pemerintah Kabupaten Subang melalui tim gugus tugas reforma agraria ini untuk dijadikan sasaran sebagai Potensi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) Kabupaten Subang

Demikian halnya kawasan kehutanan, tanah timbul yang telah dikuasai dan digarap oleh masyarakat serta tanah negara bebas lainnya. 'Saya menginstruksikan kepada seluruh anggota tim Reforma Agraria Kabupaten Subang untuk melaksanakan inventarisasi dan pendataan tanah–tanah tersebut yang bertujuan untuk mengurangi ketimpangan penguasan, dan kepemilikan yang berkeadilan bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Subang," kata Bupati dalam pernyataan tertulisnya yang diterima TINTAHIJAU.COM.

BACA JUGA: Tingkatkan Kapasitas, GTRA Subang Akan Lakukan Penataan Tanah Timbul Eks HGU

Dia berharap melalui Rapat Koordinasi tersebut dapat menjadi perhatian tim gugus tugas Reforma Agraria untuk mendapatkan kesepakatan lokasi penetapan TORA dan Pilot Project Kampung Reforma Agraria Kabupaten Subang sehingga pada akhir tahun 2021 ini.

Pemerintah Kabupaten subang dapat mengusulkan dan mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk memberikan sebagian aset negara kepada Pemerintah Kabupaten Subang untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia juga berharap permasalahan pertanahan/agraria di Kabupaten Subang dapat diatasi dengan baik sehingga Program Konkrit Pemerintah Daerah Kabupaten Subang di bidang Reforma Agraria segera terealisasi.

"Tentunya Rapat Koordinasi ini agar dapat mengurai permasalahan dan solusi untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Subang" tegasnya





SELENGKAPNYA KLIK HALAMAN BERIKUTNYA...



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Subang Raih Penghargaan Sebagai Lumbung Padi ke-3 Nasional dari Menteri Pertanian https://t.co/M0gjSTzw1y
Hasil Survey Terbaru Tunjukkan Bahwa Pengguna Internet Remaja Telah Meninggalkan Facebook https://t.co/I5wHF0NQiR
Seorang Pria Ditemukan Tak Bernyawa, Diduga Hal Inilah Penyebabnya https://t.co/f627duTbaL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter