FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

DPRD Subang Usulkan Hak Angket soal PAUD




Keputusan itu dihasilkan dari rapat internal Komisi D. Dari 11 anggota, keseluruhannya sepakat untuk mengambil hak angket (hak untuk lakukan penyelidikan atas dugaan realisasi dana PAUD) dan hak interplasi (bertanya).

"Tadi kita rapat internal, dan sudah membuat berita acara. Poinnya komisi sepakat untuk tindak lanjuti sikap Disdik yang tidak kooperatif. Kita sepakat akan menggunakan dua hak DPRD yakni interplasi dan hak angket," kata Ketua Komisi D DPRD Sugianto kepada TINTAHIJAU.com, Jumat (11/10/2013).

Hasil rapat internal itu, kata dia, pada sore ini diserahkan ke Badan Musyawarah (Bamus) DPRD untuk diagendakan untuk ditindaklanjuti. "Semua anggota Komisi D sepakat dan menandatangani usulan hak angket dan interplasi," jelasnya.

Seperti diberitakan, pada Kamis (10/10/2013) kemarin Komisi D mengundang Kepala Dinas Pendidikan E Kusdinar untuk mengklarifikasi terkait kejanggalan realisasi anggaran PAUD. Pada pemanggilan ketiga itu, Kusdinar ke mangkir. Informasi yang dihimpun, Kusdinar saat ini sedang berada di Jerman.

Menurut Sugianto, sesuai nomenklatur, total bantuan anggaran untuk PAUD itu sebesar Rp6 miliar yang dibagikan kepada 300 PAUD se-Kabupaten Subang. Masing-masing PAUD menerima Rp20 juta. Dalam lembar nomenklatur itu disebutkan dana itu untuk pembangunan sarana belajar.

"Tapi realisasinya dana tersebut digunakan untuk belanja alat peraga masing PAUD Rp8 juta, honor Rp6 juta,  dan sisanya untuk bangku dan administrasi. Ironisnya, dana itu belum cair, tapi alat peraga sudah dikirimkan dari dinas ke paud," jelasnya.

Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Subang menyelidiki soal realisasi dana PAUD itu. Kasatreskrim Polres Subang AKP Dicky F Bachriel, menyatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut. Dari hasil penyelidikkan sementara, pihaknya menduga ada PAUD fiktif
di namun dibiayai APBD. Dicky mengatakan, pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah pejabat di Dinas Pendidikan.

"Ada beberapa PAUD yang dibiayai APBD di sejumlah desa di Subang. Namun, temuan kami, kami tidak menemukan PAUD tersebut. Kita lakukan
pemanggilan kepada mereka, namun pada beberapa kali pemanggilan belum ada yang datang, hanya beberapa orang saja," kata Dicky. [annas nashrullah l @jejakAnnas]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Lakukan satu hal yang menurut Anda tidak bisa Anda lakukan. Gagal melakukanya. Coba lagi!." ~Oprah Winfrey~ https://t.co/CIUhzkeH17
Atlit Subang Sumbang 5 Medali Emas di PON XX Papua, Ini Daftarnya https://t.co/aKmqReoAG7
Dirjen Binapemdes Kemendagari Pantau Pilkades Serentak di Purwakarta https://t.co/3KZ7FCTinO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter