FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hak Angket PAUD Cuma Gertak Sambal?



Pegiat Lembaga Advokasi Pendidikan (LAP) Yaya Sudarya menyatakan usulan hak angket dan interplasi DPRD soal realisasi dana PAUD dan mangkirnya Kepala Dinas Pendidikan E. Kusdinar hanya gertakan sambal. "Saya mengkhawatirkan, usulan itu hanya gertak sambal saja. Kalau sebelumnya Komisi D lantang bicara ada apa dengan Disdik, maka sekarang ada apa dengan DPRD?," tegasnya.

Terlepas hanya wacana atau tidak, Yaya memandang penggunaan hak angket dan interplasi adalah bukan masalah prinsip. Justru, tegas Yaya, yang substansi adalah komitmen DPRD sebagai lembaga pengawas eksekutif. "Digunakan atau tidak hak itu, itu hak DPRD. Kita tinggal lihat komitmen mereka sebagai lembaga yang salah satunya melakukan pengawasan," tandasnya.



Seperti diberitakan Buntut dari "kekisruhan" antara Komisi D DPRD dengan Dinas Pendidikan (Disdik), Komisi yang salah satunya membawahi bidang pendidikan itu mengusulkan dua hak sekaligus yakni hak angket dan interplasi. Keputusan itu dihasilkan dari rapat internal Komisi D. Dari 11 anggota, keseluruhannya sepakat untuk mengambil hak angket (hak untuk lakukan penyelidikan atas dugaan realisasi dana PAUD) dan hak interplasi (bertanya).

"Tadi kita rapat internal, dan sudah membuat berita acara. Poinnya komisi sepakat untuk tindak lanjuti sikap Disdik yang tidak kooperatif. Kita sepakat akan menggunakan dua hak DPRD yakni interplasi dan hak angket," kata Ketua Komisi D DPRD Sugianto kepada TINTAHIJAU.com, Jumat (11/10/2013).

Hasil rapat internal itu, kata dia, pada sore ini diserahkan ke Badan Musyawarah (Bamus) DPRD untuk diagendakan untuk ditindaklanjuti. "Semua anggota Komisi D sepakat dan menandatangani usulan hak angket dan interplasi," jelasnya. [annas nashrullah l @jejakAnnas]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini



Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Dalam 10 Bulan, Pemkab Purwakarta Bertabur Penghargaan https://t.co/CIclG8woX6
Tempati Lahan 15 Hektarem Pesantren Tahfidz - Agrobisnis Bakal Hadir di Desa Cisampih, Subang https://t.co/kpXmNeOuiK
Alami Kenaikan, Penerimaan ZIS di Baznas Subang Capai Rp2.3 Miliar https://t.co/xTKRixDMbG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter