FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Silpa APBD 2013 Subang Berpotensi Naik



Menurut Kepala Bidang Perbendaharaan DPPKAD Subang, Tatang Saepulloh Penyebab nainya tersebut karena serapan anggaran oleh SKPD di lingkup Pemkab masih lamban. Menurut perkiraannya bahwa potensi dana SILPA akan sangat membengkak.

Tatang merinci bahwa realisasi belanja langsung menempati posisi terendah dalam penyerapan anggaran APBD 2012, yakni hanya 64,6%. Dari total belanja langsung Rp516 miliar, yang sudah terserap baru Rp334 miliar. Sisanya Rp182 miliar masih ngendap.

"Sedangkan realisasi belanja tidak langsung baru mencapai 88,7%. Dari total Rp1,030 triliun belanja tak langsung dan yang terserap Rp914 miliar. Sisanya Rp116 miliar juga masih nganggur," kata Tatang Saepulloh kepada TINTAHIJAU.com, Rabu (20/11/2013).

Selain Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bantuan Keuangan Untuk Desa/Kelurahan (BKUD/K), pos lain dalam belanja tak langsung yang lamban penyerapannya adalah bantuan sosial dan hibah. Termasuk yang lamban penyerapannya ini adalah bantuan aspirasi para anggota
DPRD.

Potensi terjadinya SILPA pada APBD 2013 cukup besar. Pasalnya, hingga akhir Oktober 2013 lalu, serapan anggaran masih minim, yakni baru sebesar 80,6% atau baru terlaksana Rp1,248 triliun dari total Rp1,547 triliun APBD Murni. "Belum lagi ditambah dengan APBD Perubahan sebesar Rp. 1,770 trilyun yang baru mulai direalisasi," tambahnya. [Warlan putra | @warlanPutra]

Berita Selengkapnya Klik di Sini



Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apreisasi Eksistensi AMSI, Wagub Jabar: Pemerintah dan Pers Harus Berkolaborasi https://t.co/WfIOWFlBJA
Perhatian!, Masyarakat yang Hendak Bepergian Saat Libur Nataru Wajib Bawa SKM https://t.co/2n1vzqsvMx
Tak Perlu Risau Bunda, Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI https://t.co/9HuRIfJXdx
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter