FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Anggaran Bencana di Subang Hanya Rp100 Juta



 



Kasi Bencana Dinsos Subang, Tito Purwanto, mengatakan, sedikitnya 40 Desa di Kabupaten Subang, termasuk wilayah rawan bencana. Pemda Subang tahun ini menaikan anggaran bencana dari Rp55 juta untuk penanggulangan bencana, menjadi Rp 100 juta. Anggaran tersebut diperuntukan untuk membeli sembako dan bukan untuk perbaikan infrastruktur. "Alhamdulilah untuk anggaran bencana tahun 2014 naik," ujar Tito, Jumat (13/12/2013)

Secara kelembagaan penanganan di lapangan, Dinsos mengerahkan para Taruna Siaga Bencana (Tagana), yang tersebar di daerah rawan bencana seperti Pamanukan, Pantura, Legon Kulon, Ciasem, Subang kota dan daerah selatan atau daerah pegunungan. "Sebetulnya dinsos sudah memiliki Tagana sejak tahun 2004 lalu,saat ini kita sudah memiliki tagana sebanyak 45 anggota" paparnya.

Menurutnya 40 desa yang tersebar di Kabupaten Subang dinyatakan kawasan rawan bencana banjir dan longsor. Dinas Sosial memprediksi sekitar 6 Kecamatan merupakan kawasan rawan banjir yakni, Kecamatan Pamanukan, Ciasem, Pabuaran, Pusakanegara, Pusakajaya, dan Sukasari. Sedangkan untuk kawasan bencana longsor yakni Kecamatan Cijambe, Cisalak, Tanjungsiang, dan Sagalaherang.

"Dari hasil rapat yang dilakukan dengan Kemendagri, Dirjen Pemerintahan Umum, kami mendapatkan intruksi untuk melakukan upaya preventif terhadap potensi bencana yang ada di Kabupaten Subang. Oleh karena itu kami telah melakukan pemetaan sejumlah kawasan rawan Bencana di Subang," paparnya.

Meski demikian, Tito mengatakan terjadinya bencana tidak dapat direncanakan oleh manusia dan merupakan atas izin dari sang penguasa alam semesta yakni Allah SWT. "Kita hanya bisa mengantisipasi dan mengetahui ciri-ciri dari bencana. Namun, kita tidak bisa memprediksi kapan akan terjadi bencana karena hal itu kehendak Allah," pungkasnya. [zaenal]



 

Berita Selengkapnya Klik di Sini



Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apreisasi Eksistensi AMSI, Wagub Jabar: Pemerintah dan Pers Harus Berkolaborasi https://t.co/WfIOWFlBJA
Perhatian!, Masyarakat yang Hendak Bepergian Saat Libur Nataru Wajib Bawa SKM https://t.co/2n1vzqsvMx
Tak Perlu Risau Bunda, Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI https://t.co/9HuRIfJXdx
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter