FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Anggaran Penanggulangan Kemiskinan di Subang Masih "Miskin"




Anggaran penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Subang hanya Rp60 juta per tahun. Padahal, Dinas Sosial Kab Subang mencatat, lebih dari 103 kepala keluarga di Kab Subang masuk dalam kategori miskin. “Indikatornya dilihat dari penghasilan mereka yang masih kurang dari Rp500 ribu perbulan,” ujar Sekretaris Dinsos Kab Subang, Wuryanto.

Wuryanto menjelaskan, meski anggarannya minim, Pemkab Subang bertekad untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membina keluarga fakir miskin agar dana yang ada bersifat stimulan. Misalnya, bantuan ternak domba bagi masyarakat di wilayah tengah dan selatan. Atau bantuan ternak bebek bagi keluarga di wilayah utara. “Dengan bantuan itu, diharapkan penghasilan mereka bisa meningkat,” tuturnya.

Meski begitu, Wuryanto mengakui bantuan yang selama ini diberikan, masih jauh dari maksimal karena anggarannya terbatas sehingga penerima bantuan pun tidak begitu banyak. “Akibatnya kami kesulitan memutus mata rantai kemiskinan di Subang. Cara lainnya, kami berupaya berkoordinasi dengan Pemprov Jabar serta pemerintah pusat, salah satunya melalui program keluarga harapan (PKH),” terangnya.

Untuk PKH ini, Wurianto menyebutkan Kabupaten Subang menerima bantuan PKH senilai Rp25 miliar pada 2013. Bantuan itu, diperuntukkan bagi 20 ribu KK miskin. “Itu masih menyisakan 83 ribu KK lagi yang tidak kebagian bantuan. Makanya ini juga masih jadi kendala untuk memutus mata rantai kemiskinan ini,” terangnya. Dinsos Subang juga tengah berupaya meningkatkan penghasilan warga miskin yang mayoritas senilai Rp500 ribu menjadi Rp1 juta.

Di lain pihak, Wurianto menjelaskan keberadaan anak terlantar di Subang menambah benang kusut kemiskinan di kota nanas tersebut. Data yang dihimpun oleh pihaknya, pada 2012, di Subang tercatat terdapat 2.498 balita terlantar. “Selain balita terlantar, anak terlantar juga cukup banyak, yakni mencapai 6.756,” tutupnya. [inilah.com]



 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apreisasi Eksistensi AMSI, Wagub Jabar: Pemerintah dan Pers Harus Berkolaborasi https://t.co/WfIOWFlBJA
Perhatian!, Masyarakat yang Hendak Bepergian Saat Libur Nataru Wajib Bawa SKM https://t.co/2n1vzqsvMx
Tak Perlu Risau Bunda, Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI https://t.co/9HuRIfJXdx
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter