FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Survei: Demokrat Bayangi PDIP dan Gerindra, Bagaimana dengan PSI, PKS dan PKB?

Indeks Artikel



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan perolehan suara Partai Demokrat membayangi dua partai politik utama di kubu pemerintah, PDIP dan Gerindra.

Kedua parpol tersebut masih tetap unggul pada peringkat pertama dan kedua. Sementara itu di papan tengah, elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus bergerak naik dan kini meraih 5,0 persen.

"Demokrat masuk tiga besar partai politik dalam kontestasi menuju Pemilu 2024 dengan elektabilitas menembus 10 persen, sedangkan PSI memantapkan diri pada posisi papan tengah dengan elektabilitas 5 persen,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam press release di Jakarta pada Rabu (20/10/2021).

Menurut Okta, naiknya elektabilitas Demokrat tidak lepas dari positioning sebagai partai oposisi dan keberhasilannya memanfaatkan kekurangan pemerintah dalam sejumlah kebijakan. Gelombang kritik dari masyarakat selama ini terus mengalir, menyikapi berbagai kebijakan pemerintah yang dianggap kurang memuaskan publik.


BERITA LAINNYA
Politisi PDIP Narca Sukanda Punya Kans Besar Maju di Pilkada Subang
Cari Ketua DPC, Inilah 7 Formatur Hasil Muscab PPP Subang
PKS Subang Bertekad Lipat Gandakan Kursi DPRD di Pileg

Elite-elite Demokrat juga menggunakan isu perpecahan internal di antara kader-kadernya dengan menuding adanya campur tangan istana. Belakangan Yusril Ihza Mahendra yang berada di barisan Jokowi mendampingi sejumlah kader Demokrat yang dipecat untuk mengajukan gugatan terhadap AD/ART Demokrat ke Mahkamah Agung.

"Kenaikan elektabilitas Demokrat juga membuat kompetisi parpol-parpol papan atas makin dinamis,” lanjut Okta. Meskipun unggul, PDIP cenderung turun dan kini elektabilitasnya 17,4 persen atau di bawah 20 persen. Berikutnya Gerindra 13,3 persen, dan Golkar yang membuntuti Demokrat sebesar 8,5 persen.

Bagaimana dengan PSI, PKB dan PKS?



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apreisasi Eksistensi AMSI, Wagub Jabar: Pemerintah dan Pers Harus Berkolaborasi https://t.co/WfIOWFlBJA
Perhatian!, Masyarakat yang Hendak Bepergian Saat Libur Nataru Wajib Bawa SKM https://t.co/2n1vzqsvMx
Tak Perlu Risau Bunda, Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI https://t.co/9HuRIfJXdx
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter